Sabtu, 4 Mei 2024

Indonesia Rugi Rp 300 Triliun Tiap Tahun Akibat Illegal Fishing

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

Joko Widodo (Jokowi) Presiden minta aparat terus melakukan tindakan tegas dengan penenggelaman kapal pencuri ikan.

Jokowi Presiden juga mempertanyakan penenggelaman kapal pencuri ikan yang hanya 3 buah. Padahal, ada sekitar 5.000 kapal pencari ikan yang masuk ke wilayah Indonesia.

Jokowi juga menjelaskan kalau perintah untuk menenggelamkan kapal pencuri ikan tersebut sampai 3 kali, baru dilaksanakan.

“Perintah saya untuk menenggelamkan kapal itu sampai 3 kali lho. Sesudah 3 kali, baru ada penenggelaman. Terus kenapa hanya 3 kapal saja yang ditenggelamkan? Padahal kan ada 5000 an kapal yang masuk di perairan Indonesia,” ujar Jokowi dalam pidato pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrebangnas) di gedung Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (18/12/2014).

Lebih lanjut, Presiden menegaskan kembali kalau setiap kapal pencuri ikan yang tertangkap harus langsung ditenggelamkan. Penegaskan presiden ini langsung disambut tepuk tangan para kepala daerah yang hadir di acara Musrenbangnas ini.

Jokowi mengingatkan, kalau ketegasan penting karena Indonesia mengalami kerugian Rp 300 Triliun tiap tahun akibat illegal fishing atau pencurian ikan.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
27o
Kurs