Sabtu, 4 Mei 2024

Ini Yang Perlu Diperhatikan Untuk Peningkatan Produktivitas Pertanian

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Supply chain atau rantai pasok produk pertanian termasuk hortikultura dari petani sampai ke pasaran, seringkali hanya memberikan lebih banyak keuntungan kepada para perantara atau makelar.

“Itu bukan rahasia. Keuntungan lebih banyak memang hanya dinikmati oleh perantara atau makelar yang menghubungkan antara petani dengan pasarnya. Dan petani justru sangat dirugikan,” terang Kresnayana Yahya.

Ini, lanjut Kresnayana, bisa jadi karena petani sendiri tidak punya akses langsung yang dapat mempertemukan antara petani dan produknya dengan pasar, atau dengan calon buyer sehingga, petani tetap menjadi bagian yang dirugikan.

“Hingga hari ini di Jawa Timur masih belum ada lembaga yang melindungi petani dengan produk-produknya. Justru pemodal langsung mendatangi petani sehingga posisi petani sangat lemah dan dirugikan,” ujar Kresnayana.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan menurut Kresnayana, adalah proses angkut yang lebih modern dan menjamin produk para petani masih tetap bagus dalam proses perjalanan dari pusat produksi menuju pasar.

“Jika proses angkut produk pertanian mengalami kendala terhadap kualitas dan mutu produk itu sendiri, maka dapat dipastikan produk akan mengalami penurunan nilai serta mutu, dan oleh karena itu proses angkut jug amenajdi penting,” pungkas Kresnayana Yahyah.(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
29o
Kurs