Minggu, 5 Mei 2024

Iringi Gandrung Banyuwangi Dengan Piano di Gandrung Variation

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Gandrung Variation garapan Ivon Maria Pek Pien. Foto: Totok suarasurabaya.net

Kalau biasanya suguhan tarian Gandrung Banyuwangi diiringi dengan seperangkat Gamelan khas Banyuwangen, Sabtu (29/11/2014) malam dijadwalkan Ivon Maria Pek Pien master Piano mengiringi tarian pergaulan masyarakat Banyuwangi itu dengan Piano dan Kendang.

“Sengaja kami mensetting sedemikian rupa Piano dengan nada-nada tertentu, yang dapat dipadukan dengan Kaleng, dan beberapa instrumen lainnya termasuk Kendang untuk mengiringi tari Gandrung Banyuwangi. Ini garapan baru kami,” ujar Ivon Maria Pek Pien, Sabtu (29/11/2014), saat berbincang dengan suarasurabaya.net di konser Spectacular Music Show yang digelar di Diamond Ballroom Swiss Bellin Hotel Surabaya.

Nama Ivon Maria Pek Pien bukan nama baru dibelantara musik klasik Kota Surabaya, khususnya untuk alat musik Piano. Kepiawaiannya membuyikan tuts-tuts Piano dimulai sejak Ivon berusia 12 tahun. Dan seiring berjalannya waktu, Ivon menjadi guru Piano yang cukup dikenal di Surabaya.

Prancis, Rusia, Polandia, Amerika, Inggris, adalah beberapa negara yang disebutkan Ivon pernah disinggahinya untuk bermain Piano, atau memperdalam keterampilannya, serta mengajar beberapa murid yang ingin mendapatkan ilmu bermain Piano secara langsung dari sang maestro.

“Dan pada konser kami kali ini, Gandrung Banyuwangi dengan iringan Piano dan Kendang ini sengaja kami tampilkan memungkasi penampilan siswa-siswi Wisma Musik Galaxy yang bermain Piano, Gitar dan Clavinova, Sabtu (29/11/2014) malam ini,” ujarnya.

Untuk Gandrung Variation, secara khusus Ivon menghadirkan 4 penari Gandrung Banyuwangi asal Universitas Negeri Surabaya (Unesa). “Semoga ini memberikan sesuatu yang baru bagi masyarakat Kota Surabaya,” tutup Ivon Maria.konser Spectacular Music Show digelar di Diamond Ballroom Swiss Bellin Hotel Surabaya.(tok/wak)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
31o
Kurs