Minggu, 16 Juni 2024

Israel Peserta Saingan Terberat Yasya di Olimpiade Matematika

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Muhammad Yasya mahasiswa ITS peraih medali emas Olimpiade Matematika di Bulgaria menilai peserta dari Israel merupakan saingan terberat dalam olimpiade yang diikuti 30 peserta dari berbagai negara.

“Pesertanya total lebih dari 30 orang tapi saingannya memang berat peserta dari Israel karena mereka ada empat orang dan semuanya dapat emas,” kata dia.

Muhammad Yasya yang masih semester 2 ini pada Radio Suara Surabaya mengatakan, dia harus mengikuti 4 tahapan seleksi sebelum akhirnya maju ke tingkat internasional di Bulgarian.

“Sebelumnya ada seleksi diantaranya seleksi tingkat universitas, provinsi, nasional dan yang terakhir seleksi untuk maju dalam tingkat internasional,” ujar dia.

Selain itu, Yasya juga mendapat pembinaan terlebih dahulu dari dosen di kampusnya sebagai persiapan menghadapi olimpiade tingkat internasional.

Ke depannya, Yasya akan membagi-bagikan ilmu yang dia peroleh dan akan terus belajar lagi. Dia juga bercita-cita akan menjadi seorang ilmuwan di Indonesia.

“Saya tidak memilih berkarir di luar negeri karena di Indonesia saja ilmuwan masih kurang sekali jadi saya pengennya di Indonesia saja,” katanya.

Yasya menambahkan, atas prestasinya ini semua dosen dan teman-teman di ITS memberikan tanggapan yang positif. (dwi/rst)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
30o
Kurs