Sabtu, 28 November 2020

Jadwal Perbaikan Rumah Korban Kelud Diperpanjang

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Soekarwo Gubernur Jawa Timur mengatakan, perbaikan rumah dampak letusan Gunung Kelud diperpanjang dari 9 Maret menjadi 14 Maret. Hal ini disebabkan karena ada tambahan permintaan perbaikan fasilitas umum dan fasilitas sosial dari masyarakat.

Pernyataan tersebut disampaikan Soekarwo saat ditemui wartawan seusai meninjau Posko Pengungsian Desa Desa Kebonrejo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Sabtu (8/3/2014).

Soekarwo mengatakan, target perbaikan rumah dengan kategori rusak berat telah rampung sesuai target, yakni tanggal 9 Maret dengan perbaikan 99 persen sejumlah 12.184 dari 12.304 rumah yang rusak berat, sedang maupun ringan.

Tapi karena masyarakat meminta perbaikan fasilitas umum dan fasilitas sosial seperti pavingisasi, tempat ibadah, emperan, kantor desa dan sekolah, maka targetnya diperpanjang hingga 14 maret 2014.

“Pada prinsipnya, sebanyak 8.615 rumah rusak sudah selesai diperbaiki semua. Kemudian ada tambahan data perbaikan fasum dan fasos sebanyak 4.000 bangunan, oleh karena itu kami perpanjang menjadi 14 maret. Perpanjangan ini karena masyarakat benar-benar tidak mampu untuk memperbaikinya, jadi harus dibantu” katanya.

Soekarwo juga mengatakan, dana untuk tambahan perbaikan 4.000 bangunan tersebut dapat dipenuhi dari anggaran perbaikan rumah letusan Gunung Kelud sebesar Rp100 Miliar.

Anggaran ini berasal dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). Dengan rincian Rp65 miliar berasal dari pengalihan program rehabilitasi tidak layak huni, dan Rp35 miliar dari dana tidak terduga.

“Sejauh ini, dana yang terserap mencapai Rp55 miliar. Jadi kami optimis masih cukup untuk memperbaiki 4.000 bangunan tersebut,” katanya.

Soekarwo menambahkan, jika sampai 14 Maret belum selesai, pihaknya mempersilahkan bupati untuk mengirimkan surat permohonan perpanjangan perbaikan sekaligus data bangunan yang belum selesai ke Pemprov. Kemudian Pemprov akan membantu untuk menanganinya.(fik)

Teks Foto :
– Soekarwo di tengah korban Kelud.
Foto : Biro Humas Jatim

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Perak Barat

Kecelakaan di Simpang Empat Mertex Mojokerto

Truk Trailer Mogok di Flyover Trosobo

Proses Pencarian Korban Tenggelam di Taman Sidoarjo

Surabaya
Sabtu, 28 November 2020
27o
Kurs