Jumat, 19 Agustus 2022

Jakarta Masih Aman Dari Serangan Virus Ebola

Laporan oleh Sirojul Munir Anif Mubarok
Bagikan

Hingga saat ini, DKI Jakarta terbilang masih aman dari serangan virus ebola yang kemungkinan bisa masuk melalui bandara maupun pelabuhan.

Dien Emmawati Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, mengatakan, saat ini provinsi DKI Jakarta masih aman dari serangan virus ebola yang kemungkinan masuk melalui bandara dan pelabuhan.

“Sampai saat ini masih aman, kemarin ada kekhawatiran satu pasien dari Afrika terkena ebola ternyata malaria,” kata Emmawati, di Jakarta, seperti yang dilansir Antara, Selasa (9/9/2014).

Sejauh ini belum ada obat apapun untuk mengatasi virus ebola yang tingkat letalitasnya di atas 90 persen dalam waktu kurang dari tiga pekan sejak seseorang dinyatakan positif mengidap.

Dinas Kesehatan DKI sudah menyosialisasikan upaya pencegahan pemasukan virus ebola di semua jajaran dinas kesehatan, lintas sektoral, dan rumah sakit.

Dinas Kesehatan juga telah membentuk Tim Pemantau Cepat Tanggap yang bekerja sama dengan instansi sektoral terkait untuk memantau arus masuk dan keluar orang di bandara dan pelabuhan.

“Melalui alat pendeteksi suhu di bandara maka orang yang masuk dengan suhu tubuh yang tinggi akan langsung diobservasi tim itu,” jelas Emmawati.

Pemerintah sudah menyiapkan tiga rumah sakit rujukan untuk menangani virus mematikan ini, yakni RS Infeksi Sulianti Saroso, RS Gatot Soebroto, dan RS Persahabatan.

“Jika pemantauan di bandara dan pelabuhan laut itu ketat maka potensi virus ebola masuk bisa diminimalisasi,” lanjutnya.

Ia juga meminta masyarakat tidak ragu meminta informasi kepada dinas kesehatan setempat mengenai gejala dan cara mencegah virus itu.(ant/nif/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Jumat, 19 Agustus 2022
30o
Kurs