Minggu, 5 Mei 2024

Jatim Akan Teliti Bibit Tanaman Tahan Letusan Gunung

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Pemerintah Jawa Timur gandeng fakultas pertanian Universitas Brawijaya Malang untuk meneliti dan menciptakan tanaman baru yang tahan terhadap dampak vulkanik letusan Gunung Kelud.

“Penelitian kita lakukan supaya ada perbedaan dalam bibit pertanian yang bisa bertahan. Sehingga bibit yang ada di petani bisa kuat,” kata Soekarwo, Gubernur Jawa Timur, Senin (3/3/2014).

Soekarwo, mencontohkan beberapa bibit cabai serta bawang merah yang saat ini ditanam di Probolinggo, ketika terkena debu vulkanik Gunung Bromo ternyata cukup di potong batanya sudah bisa tumbuh lagi.

Dengan tanaman jenis ini, maka jika ada letusan gunung, tanaman tidak perlu digantikan dengan tanaman baru, melainkan cukup dilakukan pemotongan pada batang pohon sehingga sudah bisa tumbuh kembali.

Sementara itu terkait petani korban Kelud, Soekarwo berjanji memberikan bantuan bibit serta pupuk. Tak hanya itu, Soekarwo juga menjanjikan adanya penghapusan bunga serta denda bank bagi petani yang terjerat hutang pembelian bibit. (fik)

Teks Foto :
– Ladang cabai petani Kelud.
Foto : Dok suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
29o
Kurs