Kamis, 28 Maret 2024

Jawa Timur Sudah Punya Rencana Zonasi Laut

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Jawa Timur dipastikan sudah memiliki zonasi laut dan tata ruangnya beberapa tahun lalu.

Heru Tjahjono Kadis Perikanan dan Kelautan Pemprov Jawa Timur mengatakan, sekarang ini, Jawa Timur sudah punya zonasi dan tata ruang laut yang jelas, hanya waktu itu belum ada regulasi yang mendukung, sehingga belum diterapkan dengan baik.

Menurut Heru, meski Jawa Timur sudah punya zonasi dan tata ruang laut, tapi sampai sekarang belum terintegrasi dengan wilayah lain di sekitarnya, karena tidak didukung aturan yang jelas. “Kita sudah ada zonasi dan tata ruang itu, hanya waktu itu aturan pendukungnya belum ada, sehingga belum terintegrasi dengan wilayah lain,” jelas Heru.

Ditambahkan Heru, dengan adanya aturan yang baru dalam Undang-Undang Pengelolaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, maka harus terus ada sosialisasi ke beberapa daerah di Jawa Timur. “Untuk kabupaten-kota yang punya wilayah pesisir, harus terus dilakukan sosialisasi tentang UU yang baru itu,” ujarnya

Kalau sosialisasi dan pemahaman soal aturan yang baru tidak segera dilakukan ke daerah, maka peruntukan kawasan laut di Jawa Timur juga akan semakin parah dan semrawut. “Diharapkan dengan adanya aturan baru itu, semua kabupaten-kota di Jawa Timur yang punya wilayah pesisir, segera menata kawasan lautnya, sehingga bisa diintegrasikan dengan wilayah lain di sekitarnya yang juga punya wilayah pesisir,” tegas Heru. (tas/rst)

Teks Foto :
– Heru Tjahjono Kadis Perikanan dan Kelautan Pemprov Jawa Timur.
Foto : Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs