Senin, 29 April 2024

Jepret Merak Terbang Dikira Rekayasa Olah Digital

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Ketekunan dan ketelitian Nurdin Razak yang punya spesialisisasi pemotretan satwa-satwa liar di alam bebas, suatu kali pernah diragukan lantaran hasil jepretannya itu dinilai tidak masuk akal dan merupakan hasil dari olah photoshop di komputer, sehingga memunculkan image burung Merak yang sedang terbang.

“Butuh waktu lumayan lama untuk menunggu seekor burung Merak itu berpindah tempat alias terbang. Dan ketika saya berhasil mendapatkan gambar tersebut, langsung saya upload di account facebook. Ternyata dianggap hasil olah photoshop. Padahal bukan sama sekali,” terang Nurdin.

Berdasarkan sejumlah literatur yang pernah dibacanya, papar Nurdin, Merak yang memang tergolong burung atau unggas itu bisa terbang layaknya burung atau unggas lainnya. “Dan ketika saya melihat Merak terbang kemudian berhasil memotretnya, tentu saja sangat senang. Tetapi justru diragukan,” kata Nurdin.

Pada account facebook miliknya, ketika itu sejumlah orang meghujat bahwa karya foto Nurdin Razak yang menampilkan burung Merak sedang terbang adalah rekayasa. “Tetapi justru saya berterimakasih atas hujatan itu. Karena menunjukkan bahwa masih banyak orang yang tidak tahu dan paham tentang satwa,” kata Nurdin.

Oleh karena itu, siapapun yang ingin memotret satwa liar di alam bebas, lanjut Nurdin sebaiknya mempersiapkan diri tidak hanya fisik serta perlengkapan yang layak tetapi wajib memiliki wawasan atau literasi terkait satwa yang ingin diabadikan dengan kamera.

Dan peristiwa itu kemudian membuat Nurdin Razak lebih rajin hunting satwa-satwa liar di alam bebas, seperti di kawasan hutan Baluran serta Alas Purwo di Banyuwangi, hingga saat ini. Nurdin Razak oleh masyarakat internasional dikenal sebagai sosok fotografer yang rajin mendokumentasikan satwa liar.

Sabtu (7/6/2014) Nurdin Razak bersama Guslan Gumilang membagikan tips-tipsnya terkait pemotretan satwa liar di alam bebas, di panggung pameran foto Save Surabaya Zoo gelaran Pewarta Foto Indonesia (PFI) Surabaya di V-Walk lantai 3 Ciputra World Surabaya.(tok/fik)

Teks foto:
-Nurdin Razak dan Guslan Gumilang bagi tips memotret satwa liar dialam bebas.
Foto: Totok suarausrabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs