Selasa, 21 Mei 2024

Jepretan Jean Demmeni Melampaui Batas-batas Eksplorasi Fotografi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pemilahan foto-foto karya Jean Demmeni. Foto: istimewa

Mamuk Ismuntoro fotografer profesional, mengatakan bahwa foto-foto jepretan Jean Demmeni yang bakal ditampilkan dalam pameran foto Mooi Indie; Discover The Beauty of Hindia, pada 3 – 12 Oktober 2014 mendatang, diakui melampaui batas-batas eksplorasi fotografi.

“Secara teknis kita bayangkan bahwa pada masa itu, Jean Demmeni dengan membawa seluruh perangkat fotografinya sekaligus dengan perlengkapan untuk mencetak karyanya itu, kewilayah-wilayah atau kawasan-kawasan terpencil Nusantara yang penuh keindahan,” papar Mamuk.

Nusantara, dengan segala keindahan, dan kekayaan alamnya, lanjut Mamuk, dikenal masyarakat Eropa dan belahan dunia barat laksana ‘setetes surga’ yang diturunkan oleh Tuhan. Penuh keindahan, kecantikan, serta kekayaanalam yang luar biasa.

“Dan, Jean dengan segala perangkatnya itu, mengabadikan Nusantara yang masih sangat perawan. Tanpa alat transportasi memadai, tanpa teknologi canggih. Itu melebihi batas-batas eksplorasi fotografi. Sangat luar biasa,” tambah Mamuk Ismuntoro saat berbincang dengan suarasurabaya.net, Rabu (24/9/2014).

Oleh karena itu, ke 150 foto karya Jean Demmeni yang akan ditampilkan pada Mooi Indie; Discover The Beauty of Hindia, pada 3 – 12 Oktober 2014 itu layak disebut sebagai bagian dari sejarah bangsa Indonesia yang berlangsung pada awal abad 19.

Dijadwalkan, selain pameran foto karya Jean Demmeni yang dikoleksi oleh Yayasan Kartini, pada pementasannya mulai 3 – 12 Oktober 2014 itu juga dimeriahkan berbagai aktivitas lainnya. Mulai dari penampilan kelompok Keroncong anak muda, string orkestra, serta beberapa diskusi foto.(tok/rst)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
26o
Kurs