Selasa, 7 Mei 2024

Jimly Asshiddiqie Jadi Khatib Shalat Ied di Masjid Agung Al Azhar

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Suasana saat pelaksanaan shalat Idul Adha di Masjid Agung Al Azhar, Jakarta. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Sebagian besar umat Islam hari ini, Sabtu (4/10/2014) atau 1435 Hijriah merayakan Idul Adha. Sedangkan sebagian lagi mengikuti penetapan pemerintah hari Minggu (5/10/2014) besok.

Jimly Asshiddiqie ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang juga Ketua Badan Pembina Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar akan menyampaikan khutbah shalat Ied dengan tema ‘Pemimpin Yang Berkeadilan’.

Seperti diketahui, Muhammadiyah memang menyelenggarakan shalat Idul Adha sehari lebih awal dibandingkan dengan ketetapan Idul Adha dari pemerintah.

Beberapa tempat diadakannya shalat Id di Jakarta Selatan, di antaranya adalah di Masjid Agung Al-Azhar Pusat, Lapangan Masjid Al-Huda Muhammadiyah Tebet Timur Raya 565, Lapangan Parkir Wisma Pe De di Jalan Tebet Barat XII, Masjid Darul Hikam di Jalan Bukit Duri Tanjakan 10 Tebet, Masjid Nurul Haq di Jalan Asem Baris no 37 Kebon Baru, Halaman depan Kampus UHAMKA Jalan Limau Kebayoran Baru.

Selain itu, tempat lainnya adalah Lapangan Lemigas Kebayoran Lama, Panti Asuhan Siti Khadijah AlIKubro di Jalan Syukur Lenteng Agung, Lapangan Muhammadiyah Cipedak Jagakarta di Jalan Moch Kahfi II Cipedak, Halaman Masjid Mubasyirin Jalan Karbela Selatan Setiabudi, dan Halaman Masjid At-Takwa Muhammadiyah yang terletak di belakang Pasar Rumput.

Sementara di Jakarta Barat, shalat Idul Fitri Muhammadiyah akan dilangsungkan di beberapa tempat seperti Masjid Al Baroqah di Jalan Cendrawasih Raya No 36 Cengkareng Barat, Masjid As-Salam di Jalan Utama Cengkareng Barat, Masjid Uswatun Hasanah di Jalan Daan Mogot Raya, Masjid Al-Zihad di Jalan Kincir Raya Cengkareng Timur, Halaman Mushola Al Istiqomah Jalan Kamboja Ujung, Masjid Al-Muhajirin/ Lapangan Bola Wijaya Kusuma di Jalan Anggrek Nelly Murni Raya.

Kemudian ada lagi di Masjid Al-Qarim di Jalan Nanas Ujung Jati Pulo, Masjid Nurul Falah di Jalan Jati Pulo, Masjid Nasrullah di Jalan Padamulya II, Masjid Al-Huda di Jalan Latumenten II, Halaman SMA 2 Jalan Gajah Mada No. 188, Masjid Raya Al Isra di Jalan Tanjung Duren, Masjid Nurul Hikmah di Jalan Tanjung Duren Dalam, dan Masjid Baitul Hikmah Tomang juga akan digunakan guna menampung jamaah Muhammadiyah di Jakarta Barat.

Sedangkan di Jakarta Pusat, shalat Idul Adha dilangsungkan di Jalan Kramat Raya No 49, Jalan Garuda 33 Kemayoran, Jalan Benyamin Sueb (PRJ Kemayoran), Jalan KH Mas Mansyur No 65, Masjid Al-Abrur Tanah Abang I, Lapangan Merah Tanah Abang II, Masjid Al-Falah Bendungan Hilir, Jalan Cempaka Putih Barat di PCM Cempaka Putih, di PCM Senen, Jalan Kali Baru Barat No 52 D Komplek Ruko Karang Anyar, dan Eks Lapangan APP Halaman Masjid Johar Baru.

Di Jakarta Timur, digelar shalat Idul Adha di Jalan KH Ahmad Dahlan No 20 Matraman, Jalan Balai Pustaka Barat No 2 Rawa Mangun, Jalan Dewi Sartika No.316 A Cawang, Halaman Islamic Center di Jalan Rambutan No 4 Utan Kayu, Perumnas Klender di Jalan Delima II Blok C Perumnas Klender, Taman Kejaksaan Pondok Bambu Jakarta Timur, Halaman RS Islam Jaktim, Lapangan Pacuan Kuda Pulo Mas, Halaman Masjid Al-Furqon, Lapangan Basket Jakarta Timur, Halaman Parkir Bioskop Nusantara, Masjid Al- Hujurat di Jalan Tanjung Lengkong, Kampus UHAMKA Pasar Rebo, Lapangan Karpina Kepala Dua Wetan, dan Lapangan SDN Ciracas 07 dan 08.

Sementara, di wilayah Jakarta Utara, kegiatan shalat Idul Adha diselenggarakan di Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura, Halaman Masjid Baitusyukur Kalibaru, Halaman Apartemen Mitra Bahari Gedong Panjang, Lapangan Pasar Elang, Masjid Al- Husna Tanjung Priok, Halaman Masjid Al-Istiqomah di Jalan Tawes, Masjid Al-Furqon, Perguruan Muhammadiyah Tanjung Priok, Masjid Al-Mannar Tanjung Priok, Masjid Darul Yasin Kebon Bawang, Masjid Al-Mutaqorobin, Halaman Pegadaian, Masjid Subussalam, Halaman Komplek Nurul Hidayah, Perguruan Muhammadiyah Koja, Halaman Bioskop Muncang, Halaman Masjid At-Taubah, Masjid Al Muhajirin, Lapangan Basket Kompleks PTHI blok B, Komplek Mutiara Gading Timur Blok F di belakang Apotek Rumah Sehat.

Sementara, di kantor Dewan Pengurus Muhammadiyah DKI Jakarta di Jalan Menteng Raya No 62 Jakarta Pusat juga rencananya digelar shalat Idul Fitri. Jumlah hewan kurban yang akan dipotong di kantor DPM Muhammadiyah Menteng adalah 3 ekor sapi dan 10 ekor kambing. Sholat Ied sendiri secara serentak dimulai sekitar pukul 06.30.(faz/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
32o
Kurs