Kamis, 2 Mei 2024

Jurnalis Indonesia ke Depan Harus Berkompeten

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Jurnalis Indonesia dalam berkarya jurnalistik ke depan, harus berkompenten dan mampu menjalankan profesinya sesuai standar.

Syaifullah Yusuf Wakil Gubernur Jawa Timur mengatakan ini, sesudah membuka Festival Media yang digelar Aliansi Jurnalis Independen (AJI) di JX Expo, Jumat 16 Mei 2 014.

Menurut Gus Ipul, dengan adanya festival media, dia sangat mengapresiasi upaya AJI, khususnya dalam meningkatkan kompentensi dan kemampuan jurnalis di Indonesia.

“Kerja jurnalis ke depan akan semakin berat dan persaingannya semakin ketat, untuk itu setiap jurnalis harus siap bersaing ddengan tantangan yang ada, khususnya dengan jurnalis-jurnalis dari luar negeri,” ujar Gus Ipul.

Selain itu Syaifullah Yusuf juga mengapresiasi dengan adanya pelatihan-pelatihan dan uji kompentensi yang digelar beberapa lembaga organisasi juirnalis seperti PWI dan AJI. “AJI hadir sebagai penyeimbang organisasi jurnalis yang sudah ada, untuk itu AJI juga sudah mendorong hadirnya pers yang bebas, seimbang, kontrol juga alternatif,” jelas Gus Ipul.

Wagub Jawa Timur juga minta pada semua jurnalis, untuk terus mengikuti standarisasi profesi jurnalis yang digelar di tingkat lokal dan nasional, bahkan di tingkat Internasional.

Sementara Eko Maryadi Ketua AJI Indonesia mengatakan, dengan adanya Festival Media, diharapkan dapat memicu tumbuh dan berkembangnya media-media lokal di Indonesia. “Festival sejenis, rencananya akan di gelar di Jakarta, sesudah Surabaya dan Bandung,” papar Eko.

Agenda Festival Media, diikuti sekitar 60 media lebih dari beberapa wilayah di Indonesia, termasuk diantaranya Suara Surabaya Media juga punya stand di lokasi kegiatan. Rencananya Festival Media akan diisi beberapa kegiatan diantaranya workshop media masaa, fotografi, dan lomba foto, juga stand up comedy yang bahasannya soal media massa.

Festival Media rencananya akan digelar mulai hari ini sampai 17 Mei 2014 di JX Expo dibuka gratis untuk semua pengunjung yang ingin mengetahui dapurnya media massa di Indonesia. (tas/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
31o
Kurs