Senin, 6 Mei 2024

KNKT Turun Selidiki Pecahnya Ban Garuda Indonesia

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) langsung turun menyelidiki insiden pecah ban yang dialami Pesawat Garuda Indonesia, Sabtu (1/2/2014), di Bandara Internasional Juanda.

Trikora Harjo General Manager PT Angkasa Pura I Juanda mengatakan, dugaan awal pesawat yang mengalami pecah ban itu, terjadi waktu pesawat masih ada di udara. “Waktu di udara, pilot mengindikasi ketidaknormalan landing gear sebelah kiri, dan diperkirakan terjadi pecah ban,” ujar Trikora.

Dengan kondisi itu, pilot tetap mendaratkan pesawat meski akhirnya pesawat harus miring ke kiri, sesudah menyentuh landasan di Juanda.

Sesudah kejadian itu, tim teknisi dari Garuda Indonesia langsung meneliti penyebab pecah ban, bersama otoritas bandara dan tim KNKT.

Menurut Trikora, akibat insiden pecah ban itu, jadwal penerbangan di Bandara Juanda sempat tertunda antara 10-20 menit. “Sekarang sudah kembali normal,” jelas Trikora.

Pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GA-361, sekarang sudah di evakuasi dan diparkir di apron Juanda. “Pesawat yang mengalami pecah ban itu mengangkut 104 penumpang, dan semua dalam kondisi selamat, sesudah dievakuasi,” papar Trikora.

Semua penumpang yang diangkut pesawat itu, bertujuan ke Surabaya dari Jakarta sekitar pukul 14:00 WIB. (tas)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
25o
Kurs