Senin, 27 Mei 2024

KSAL Resmikan Masjid Al Kautsar di Kodikmar TNI AL

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Laksamana TNI Dr. Marsetio Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) meresmikan masjid Al-Kautsar di area Kawah Chandradimukanya Marinir atau di kawasan Komando Pendidikan Korps Marinir (Kodikmar) TNI AL, Gunungsari, Surabaya.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pembukaan selubung nama Masjid Al Kautsar oleh Kasal, serta pengguntingan pita oleh Ketua Umum Jalasenastri Ny. Penny Marsetio yang dilanjutkan dengan memasuki masjid tersebut untuk mengikuti ceramah agama Islam sebagai penghantar buka puasa yang disampaikan olen Ustadz DR. drh. H. Mustofa Helmi Effendi, DTAPH, yang sehari-hari menjabat sebagai Lektor Kepala dan Sekretaris Departemen Kesmavet Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya, diikuti seluruh undangan.

Masjid yang berdiri megah terletak bersebelahan dengan TK dan SD Hang Tuah Vll Surabaya, serta pintu gerbang Kodikmar tersebut rehab pembangunannya dimulai sejak 1 Mei 2013, dengan berbagai jenis pekerjaan, antara lain: tahap persiapan, pekerjaan tanah dan pondasi, pekerjaan beton, pasangan, finishing dinding, plafond dan lantai, pekerjaan atap, kusen, daun pintu, daun jendela, pengecatan, pekerjaan listrik, sanitair dan plumbing, serta pekerjaan prasarana.

Sarana ibadah umat muslim yang mampu menampung sedikitnya 700 Jama’ah ini dibangun di atas lahan seluas 7500 meter persegi dengan total luas bangunan 750 meter persegi terdiri dari empat ruang shalat, satu ruang takmir, tempat wudlu, serta MCK pria dan MCK wanita. Adapun fasilitas lainnya terdiri dari komputer, meja dan kursi Takmir, white board, almari, sejumlah buku bacaan, serta beberapa fasilitas lainnya.

“Saya berharap Masjid AL Kautsar ini dapat memberikan banyak manfaat, karena selain sebagai fasilitas ibadah bagi Prajurit TNI Angkatan Laut yang bertempat tinggal di Kompleks Gunungsari, masjid ini juga dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar,” ujar Kasal.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PG Kormar Ny. Faridz Washington memberikan tali asih kepada warakawuri di jajaran Marinir Wilayah Timur. Turut hadir pada kesempatan tersebut mengutip siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, Senin (14/7/2014), segenap jajaran petinggi Korps Marinir dan TNI AL di Surabaya.(tok/ipg)

Foto: Dispen Kormar

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Senin, 27 Mei 2024
29o
Kurs