Kamis, 25 April 2024

Kabupaten Sumenep Wakili Jatim di Parade Lagu Daerah Nasional

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Persiapan latihan menuju Jakarta. Foto: Disbudpar Jatim for suarasurabaya.net

Kabupaten Sumenep ditunjuk untuk mewakili provinsi Jawa Timur dalam acara Parade Lagu Daerah tingkat nasional di Sasono Langen Budoyo Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Minggu (7/12/2014).

Penunjukan ini lantaran Kabupaten Sumenep terpilih dalam tiga besar Penyaji Terbaik bersama dengan Kabupaten Tuban dan Lumajang dalam Festival Lagu Daerah tingkat Jatim yang berlangsung bulan Mei 2014 lalu.

Kali ini Kabupaten Sumenep juga akan menampilkan lagu yang sama dengan festival tingkat Jatim, yaitu Karaton Sumenep dengan komposer dan penata musik Ellyas Arifin, vokalis Virna Hartantin, Laily Fajriah dan Nia Tyas Anggreni.

Mengapa dipilih Sumenep, dan bukan Lumajang atau Tuban? “Pilihan ini atas pertimbangan Dewan Pengamat Festival Lagu Daerah Jatim,” tutur DR. Jarianto Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur pada suarasurabaya.net, Jumat (5/12/2014).

Meski bernama Parade, namun pagelaran Parade Lagu Daerah tersebut sangat kompetitif. Bagi Jawa Timur sendiri, sudah lama sekali tidak mendapatkan kejuaraan. Terakhir, sekitar tahun 2009 lalu, meraih Juara Umum berkat sebuah komposisi yang diciptakan Subiantoro berjudul: Gara-gara Lusi (Lumpur Sidoarjo).

Sementara itu, ditemui di tempat berbeda, Dra. Hartini, MM Kepala Bidang Budaya, Seni dan Film Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur, menegaskan bahwa pihaknya bersama para peserta yang akan berlaga di Jakarta sudah mempersiapkan diri.

“Kami berharap dukungan serta doa restu masyarakat Jawa Timur, agar Kabupaten Sumenep dapat meraih juara. Dan tentunya ini merupakan sebuah kompetisi yang sangat bergengsi karena diikuti kota dan kabupaten lainnya dari hampir seluruh Indonesia,” papar Hartini, Jumat (5/12/2014).(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs