Rabu, 1 Mei 2024

Kapal Bermuatan Ratusan Kontainer Tenggelam

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Kapal Motor (KM) Tanto Hari tenggelam, Jumat (31/1/2014) sekitar pukul 09.45 setelah bersenggolan dengan kapal MT Sirius di Bouy 10, 22 mil sebelum masuk Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Marzuki Humas Syahbandar Tanjung Perak Surabaya saat dihubungi Radio Suara Surabaya membenarkan kejadian tenggelamnya KM Tanto Hari. Dia mengatakan KM Tantohari yang membawa ratusan kontainer dari Ambon menuju Pelabuhan Tanjung Perak.

“Saat berada di Bouy 10 menunggu panduan, terjadi angin kencang, kapal tersebut bersenggolan dengan kapal lain dan terjadi sobekan di lambung KM Tantohari,” kata Marzuki kepada Suara Surabaya, Jumat (31/1/2014).

Dia menambahkan, 30 menit setelah terjadi sobekan, kapal miring dan akhirnya tenggelam. Terdapat 21 ABK saat kapal tenggelam, semuanya selamat dan telah dibawa ke rumah sakit untuk perawatan.

“Kapal milik PT. Tanto, kontainer semua ada isinya. Namun kejadian ini tidak mengganggu alur kapal lainnya. “Kontainer masih terkunci, isinya tidak akan keluar kontainer, sehingga tidak mengganggu jalur kapal yang melintas di sekitarnya,” ujarnya.

Saat ini, kata dia, kapal belum dievakusi namun sesuai dengan undang-undang, maksimal 180 hari kapal harus segera diangkat. “Sudah dikoordinasikan dengan bagian navigasi untuk memberikan tanda kepada setiap kapal yang melintas, jika ada kapal tenggelam di titik tersebut,” pungkasnya. (wak/ipg)

Teks Foto:
1. KM Tanto Hari detik-detik menjelang tenggelam.
2. Kontainer muatan KM Tanto Hari yang mengapung di sekitar lokasi tenggelamnya kapal tersebut, Jumat (31/1/2014).
Foto: Anas F via akun twitter SS @e100ss

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
26o
Kurs