Senin, 29 April 2024

Kapal Pesiar Berbendera Bahama akan Sandar di Perak

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Kapal pesiar MV Seabourn Odyssey akan singgah di Pelabuhan Tanjung Perak, Sabtu (28/11/2014). Dok. suarasurabaya.net

Untuk ketiga kalinya, kapal pesiar MV Seabourn Odyssey akan singgah di Pelabuhan Tanjung Perak, Sabtu (28/11/2014). Sesuai jadwal, kapal berbendera Bahama ini akan tiba di Dermaga Gapura Surya, Tanjung Perak pada pukul 07.00 WIB.

Edi Priyanto, Humas PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III, pada suarasurabaya.net, Jumat (28/11/2014), mengatakan sebelum ke Tanjung Perak, kapal bermuatan 462 wisatawan dari beragam negara ini telah sandar di Pelabuhan Semarang. “Jumat sore nanti pukul 17.00 WIB kapal ini lepas tali dari Semarang dan besok pukul 07.00 tiba di Tanjung Perak,” kata Edi Priyanto.

Dari catatan yang ada, MV. Seabourn Odyssey dengan panjang 198 meter dan draft 6,4 meter ini pada tanggal 16 Desember 2012 dan 20 Maret 2013 juga sempat sandar dan menurunkan puluhan wisatawannya di Tanjung Perak.

Menurut Edi, selama sandar di Tanjung Perak, para turis akan diajak city tour berkeliling kota Surabaya, serta ke kawasan Mojokerto untuk menyaksikan kawasan wisata sejarah Majapahit.

“Problemnya saat ini belum banyak turis yang bersedia turun. Biasanya tak sampai 30 persen turis di Kapal Pesiar yang turun di Tanjung Perak,” kata Edi.

Untuk merangsang agar mereka turun, Pelindo III juga telah menyiapkan aneka penyambutan khusus. Lantai tiga Dermaga Gapura Surya juga telah disulap menjadi sebuah etalase Jawa Timur.

Dengan konsep mengenalkan budaya Jawa Timur, Pelindo III juga telah menyediakan aneka kerajinan topeng, batik, gamelan, wayang, serta kerajinan lainnya. “Jadi para turis kita ajak melihat sekaligus mempraktekkan langsung cara membatik, cara membuat topeng dan sebagainya,” kata dia.

Dengan berinteraksi langsung dengan perajin, para turis diharapkan akan lebih mengenal budaya Jawa Timur dan kedepannya bisa lebih tertarik untuk berlama-lama di Jawa Timur. (fik/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs