Sabtu, 18 Mei 2024

Kapolda Jatim Baru Prioritaskan Layanan Masyarakat dan Perangi Kriminal

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
Irjen Pol Unggung Cahyono (kanan) dan Irjen Pol Anas Yusuf Kapolda Jatim baru (kiri) salam komando. Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Serah terima jabatan (Sertijab) Kapolda Jatim, Kamis (4/9/2014) berlangsung sederhana dan khidmat di lapangan Mapolda Jatim. Jabatan Kapolda Jatim Saat ini resmi di jabat Irjen Pol Anas Yusuf yang sebelumnya menjabat sebagai Wakabareskrim Mabes Polri.

Ditemui usai sertijab, Irjen Pol Unggung Cahyono mantan Kapolda Jatim mengatakan, pihaknya berterimakasih kepada seluruh masyarakat Jawa Timur yang sudah turut serta memberikan rasa aman di Jatim. Dukungan masyarakat ini sangat penting, karena Polisi tidak bisa bekerja sendiri tanpa peran serta masyarakat.

“Alhamdulillah selama kurang lebih satu tahun dua bulan tujuh belas hari, saya menjabat sebagai Kapolda Jatim, terbantu dalam mengemban tugas. Serta, saya juga tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada seluruh personel Polda Jatim yang sudah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Jatim,” kata Irjen Pol Unggung kepada wartawan, Kamis (4/9/2014) di Mapolda Jatim.

Pihaknya juga bersyukur, atas penyelenggaraan pesta demokrasi, baik pemilihan kepala daerah (Pilkada), Pemilihan Legislatif (Pileg), dan Pemilihan Presiden (Pilpres) berjalan dengan aman, damai, dan lancar. Dia menambahkan, untuk permasalahan di Jatim, pihaknya akan menyampaikan secara langsung kepada Kapolda baru, baik masalah kesatuan, dan beberapa masalah di Jatim. Karena ada beberapa hal yang harus ditindaklanjuti, seperti masalah Syiah yang ada di Omben Madura.

“Sudah dua tahun ini, ada satu kompi Brimob yang berjaga di sana, yang setiap bulannya dilakukan pergantian personel. Itu yang Pak Anas akan tindaklanjuti,” ujarnya.

Permasalahan lainnya, kata Unggung, yakni bulan depan akan dilakukan Suroan Agung di beberapa daerah, khususnya wilayah Madiun. Untuk antisipasi keamanan, pihaknya sudah melakukan pendekatan ke beberapa perguruan silat, seperti Kinongo, Setia Hati Teratai (SHT), dan Kera Sakti.

Sementara itu, Irjen Pol Anas Yusuf Kapolda Jatim baru menyampaikan, pihaknya akan melanjutkan program-program kerja, serta kebijakan dari Kapolda lama untuk kelancaran tugas ke depan. Dia juga yakin, akan mampu menjalankan tugas dengan baik sebagai Kapolda Jatim. Ini terlihat dengan proses penyambutan yang begitu hangat, menunjukkan dukungan dari semua pihak terhadap kinerja Kepolisian.

“Saya akan melanjutkan program kerja dari Kapolda lama. Dan saya merasa yakin, bahwa penyambutan ini sebagai wujud kiprah dari Pak Unggung dalam menjabat Kapolda Jatim,” kata Irjen Pol Anas.

Disinggung program 100 hari, Mantan Wakabareskrim menjelaskan, pihaknya akan melihat skala prioritas terhadap kegiatan yang ada. “Kalau dilihat secara umum, akan tetap diperhatikan, seperti kejahatan jalanan, pencurian dengan kekerasan. Serta pelayanan kepada masyarakat, akan lebih dioptimalkan,” pungkasnya. (wak/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
27o
Kurs