Senin, 29 April 2024

Kapolda Jatim Tinjau Pelaksanan Coblosan Ulang

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Untuk memastikan situasi dan kondisi aman saat pelaksanaan pencoblosan ulang Pemilu Legislatif (Pileg) 2014, Irjend Pol Unggung Cahyono Kapolda Jawa Timur meninjau langsung tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Surabaya, Minggu (13/4/2014).

:Pantauan suarasurabaya.net, Kapolda yang didampingi Kombes Pol Awi Setiyono Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Setija Junianta Kapolrestabes Surabaya beserta jajaran meninjau TPS 10, dan 12 Kelurahan Lidah Kulon, kecamatan Lakarsantri, Surabaya.

Irjend Pol Unggung Cahyono mengatakan, sejak Sabtu (12/4/2014) malam, pihaknya selalu memantau perkembangan situasi keamanan di sejumlah daerah yang melakukan pencoblosan ulang, satu diantaranya Kota Surabaya. Sejauh ini, keamanan di daerah-daerah yang melakukan pencoblosan ulang masih kondusif.

Dia juga mengatakan, TPS yang paling banyak ada Kabupaten Nganjuk yaitu 23 TPS, wilayah Polrestabes Surabaya 21 TPS, wilayah Polres Pelabuhan Tanjung Perak 1 TPS, serta lainnya antara 1 dan 2 TPS.

“Mulai tadi malam selalu up date situasi kamtibmas di sejumlah daerah yang melakukan coblosan ulang, masih kondusif. Dan ada tujuh kota dan kabupaten yang melakukan pungut hitung ulang, karena kesalahan pendistribusian,” kata Irjend Pol Unggung Cahyono kepada wartawan.

Dia menambahkan, pihaknya telah menerjunkan 1.300 personel Brimob, dan 600 personel Sabhara untuk memback up polres jajaran dalam mengamankan pelaksanaan pencoblosan ulang pileg 2014. “Kami sudah tempat personel Brimob dan Sabhara untuk melakukan back up di setiap daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Kombes Pol Setija Junianta Kaolrestabes Surabaya memastikan empat kecamatan yang berada di wilayah hukumnya, situasi dan kondisi pelaksanaan pencoblosan ulang berlangsung aman.

Pengamanan yang sebelumnya menggunakan sistem 2-5-10, dipertebal menjadi 3-1-4 yaitu setiap satu TPS dijaga tiga personel olisi dan empat linmas.

“Jumlah personel yang diterjunkan sebanyak 1.389 anggota Polrestabes Surabaya beserta polsek jajaran dan di back up Polda Jatim untuk mengamankan pelaksanaan coblosan ulang pileg di Kecamatan Pakal, Lakarsantri, Rungkut, dan Tandes,” kata Setija. (wak)

Teks Foto:
– Irjend Pol Unggung Cahyono Kapolda Jatim (kiri), Kombes Pol Setija Junianta Kapolrestabes Surabaya (Kanan) saat meninjau coblosan ulang pileg di TPS 12 Kecamatan Lakarsantri.
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs