Jumat, 17 Mei 2024

Kawal Jalannya Pemilu, LBH Surabaya Dirikan Posko Pengaduan

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Melihat masih banyaknya pelaggaran yang dilakukan dalam setiap masa Pemilihan Umum (Pemilu), Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya bersama Jaringan Paralegal Pemilu (JPP) Jawa Timur mendirikan Posko Pengaduan Pelanggaran Pemilu 2014, Rabu (19/3/2014) di kantor LBH Surabaya Jl. Kidal No. 06 Surabaya.

Suparman Koordinator Posko LBH Surabaya mengatakan, pendirian posko ini bertujuan untuk menampung pengaduan masyarakat terhadap pelanggaran yang dilakukan saat Pemilu 2014. Selain itu melakukan pendampingan terhadap proses penegakan hukum Pemilu.

“Dari sekian kali Pemilu yang digelar di Indonesia, tidak ada satupun yang bersih dari pelanggaran. Undang-undang terkait Pemilu sudah ada, tapi tetap saja masih banyak pelanggaran yang terjadi. Sehingga kami mendirikan posko ini untuk mengawal penegakkan hukum Pemilu 2014,” kata Suparman kepada wartawan, Rabu (19/3/2014).

Dia menambahkan, pihaknya akan memantau jalannya Pemilu 2014, dan memastikan tahapan Pemilu diikuti dan dilakukan secara baik oleh penyelenggara maupun peserta Pemilu.

“Kami akan mencatat dan melaporkan hasil pantauan kami terhadap pelanggaran yang dilakukan, contohnya melaporkan adanya pelanggaran alat peraga kampanye dan iklan media yang dilakukan oleh peserta pemilu,” ujarnya.

Posko pengaduan pelanggaran Pemilu, kata Suparman, tidak hanya berada di LBH Surabaya, namun masyarakat juga bisa mengadukan setiap pelanggaran yang dilakukan di delapan posko lainnya, yaitu Posko Bumi Mataram Putat Jaya, Serikat Pedagang Kaki lima Jl. Prambanan, Sidoarjo, IPSM , PGTTI Jl. Ikan Kerapu Selatan, Gresik, KJM Progresif, Malang Corruption Watch Jl. Joyosuko Metro Malang, Forum Masyarakat Peduli Pendidikan, Jl. Ir Rais Malang, dan PJS Jl. Kedinding Lor Surabaya.

“Selain itu masyarakat juga bisa melaporkan melalui akun facebook ‘Jaringan Paralegal Pemilu Jawa Timur’ dengan mengupload foto dugaan pelanggaran yang disertai diskripsi singkat mengenai siapa pelakunya, kapan, dan dimana lokasinya,” kata dia.

Suparman mengimbau kepada masyarakat agar mengawal penyelenggaraan Pemilu 2014 menjadi Pemilu yang jujur, adil, damai, dan berintegritas.(wak/tok)

Teks Foto:
– Suparman Koordinator Posko LBH Surabaya
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
26o
Kurs