Kamis, 2 Mei 2024

Kelas Inspirasi Ajak Profesional Jadi Guru Sehari

Laporan oleh Eddy Prastyo
Bagikan
Relawan Kelas Inspirasi mengajar di sebuah SD Foto : Kelas Inspirasi

Setelah sukses dengan Kelas Inspirasi (KI) Surabaya 2 pada 11 November 2013, KI Surabaya kembali mengajak kalangan profesional untuk bergabung dalam Kelas Inspirasi Surabaya 3.

Kegiatan ini menggerakkan pekerja profesional untuk menjadi guru sehari di Sekolah Dasar (SD) negeri di Surabaya. Untuk tahun ini, para pekerja profesional akan mengajar secara serentak di 27 kota di Jawa Timur, pada Senin 29 September 2014. Lebih kurang 1.500 relawan dari 27 kota di Jawa Timur akan berpartisipasi untuk hari inspirasi ini.

Kelas Inspirasi ini tak sekadar menjadi ajang berbagi semangat berjuang mencapai cita-cita dan pengetahuan profesi dalam satu hari. Kegiatan juga menjadi kesempatan silaturahim antara penggerak pendidikan di sekolah dengan kalangan professional.

Kelas Inspirasi sepenuhnya bersifat kerelawanan dan menyaratkan pengorbanan kepada relawan dengan meminta mereka untuk cuti saat hari mengajar, yaitu tanggal 29 September 2014. “Kami membutuhkan relawan pengajar, relawan fotografer dan videografer yang akan menjadi tim dokumentasi kegiatan ini,” kata Nadia Chrisanti Koordinator Kelas Inspirasi Surabaya 3.

Pendaftaran relawan pengajar, fotografer dan videographer, dibuka mulai 1 Juli 2014 sampai dengan 17 Agustus 2014, melalui website www.kelasinspirasi.org. Bagi yang berminat mendaftar, siaran pers yang diterima suarasurabaya.net mencantumkan pula contact person yang bisa dihubungi, yakni Nadia Chrisanti (081217236777) dan Ida Akbar (08563468470)

Selain diminta untuk cuti pada hari inspirasi, para relawan juga diminta menghadiri pembekalan, melakukan observasi ke sekolah, juga menghadiri sesi refleksi dan evaluasi. “Para relawan pun diharapkan mempersiapkan materinya dengan sungguh-sungguh,” ujarnya.

Kelas Inspirasi kali pertama dihelat di Jakarta pada tanggal 25 April 2012. Yang istimewa, Kelas Inspirasi diusung, diinisiasi, dan dikelola secara mandiri oleh para relawan di berbagai kota.

Diharapkan gerakan ini menjadi gerakan yang terus tumbuh secara organik di kalangan masyarakat sipil untuk menjadi wahana aktivitas yang melibatkan lebih banyak lagi pihak dalam rangka memajukan pendidikan Indonesia bersama-sama.(edy)

Teks Foto :
– Seorang relawan mengajar di kelas inspirasi
Foto : Kelas Inspirasi

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs