Minggu, 19 Mei 2024
Pencarian AirAsia QZ 5501

Keluarga Penumpang Disediakan Posko Kesehatan di Bandara Juanda

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Pihak Polda Jatim berkoordinasi dengan beberapa pihak memberikan pelayanan kesehatan kepada keluarga penumpang pesawat AirAsia QZ 5501 yang berada di Terminal 2 Bandara Juanda, Surabaya.

Kombes Pol Awi Setiyono Kabid Humas Polda Jatim mengatakan, posko ini untuk memberikan pelayanan kepada keluarga penumpang yang menunggu berkembangan informasi pencarian pesawat AirAsia QZ 8501 rute Surabaya – Singapura yang hilang kontak. Pendirian posko ini merupakan kerjasama Polri, TNI, Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI), dan sejumlah komunitas psikolog.

“Posko ini untuk memberikan bantuan psikologis bagi keluarga penumpang AirAsia QZ 8501 rute Surabaya – Singapura yang menunggu berkembangan informasi hasil pencarian,” kata Kombes Pol Awi kepada suarasurabaya.net, Senin (29/12/2014)

Dia menambahkan, Posko Kesehatan dan Posko DVI ini untuk membantu crisis center yang ada di Terminal 2 Bandara Juanda, dengan memberikan pelayanan medis dan psikologis kepada keluarga penumpang AirAsia yang memerlukan.

Awi juga mengatakan, apabila pemerintah menetapkan hilang kontak peswat AirAsia QZ 8501 sebagai laka udara dan ada korban meninggal dunia (MD), maka Posko Tim DVI akan lakukan operasi DVI, antara lain mencari dan mengumpulkan korban yang telah MD, mengumpulkan data antomortem (data korban semasa hidup), Melakukan pemeriksaan postmortem atau pemeriksaan properti barang kepemilikan korban, pemeriksaan otopsi, sidik jari, DNA, antropometri, odontologi forensik, melakukan rekonsiliasi data antomortem dan postmortem, untuk memastikan identitas korban, dan penyerahan korban kepada keluarga, setelah data-datanya dipastikan cocok dan akurat. (wak)

Teks Foto;
– Para psikolog melakukan koordinasi di Posko Kesehatan Crisis Center AirAsia QZ 8501.
Foto: Dok. suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
27o
Kurs