Sabtu, 18 Mei 2024

Kemarau, Lubang Resapan Biopori Jaga Ketinggian Air Tanah

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Siswa membuat lubang resapan Biopori. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Zamroni Direktur Tunas Hijau Indonesia menegaskan bahwa keberadaan lubang resapan Biopori dapat menjaga ketinggian air tanah di musim kemarau seperti sekarang ini. Oleh karena itu, membuat lubang resapan Biopori sangat dianjurkan.

“Lubang resapan Biopori itu sangat mudah membuatnya. Sederhana sekali, tetapi memiliki fungsi cukup bagus. Satu di antaranya untuk menjaga ketinggian air tanah. Di saat kemarau seperti sekarang ini, air tanah menjadi satu di antara cadangan air bagi tanaman,” kata Zamroni.

Untuk itu, Zamroni mengingatkan bahwa membuat lubang resapan Biopori bisa dilakukan kapan saja. Dan tidak harus menunggu musim kemarau tiba. “Syukur-syukur sebelum kemarau tiba, kita sudah punya banyak lubang resapan Biopori. Agar cadangan air tanah masih terjaga,” tukas Zamroni.

Dihubungi melalui selulernya, Wawan Some aktivis pecinta lingkungan membenarkan bahwa keberadaan lubang resapan Biopori memang sangat dibutuhkan disaat kemarau seperti sekarang ini. Paling tidak keberadaan air tanah masih dapat digunakan untuk tanaman di sekitarnya.

“Bila perlu memang membuat lubang resapan Biopori lebih banyak. Pada musim kemarau seperti ini, di Surabaya memang butuh banyak lubang resapan Biopori. Paling tidak bermanfaat untuk tanaman sekitarnya. Jika kondisi pohon segar, maka panas terik matahari bisa dieleminir kan?” kata Wawan Some pada suarasurabaya.net, Sabtu (13/9/2014).(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
28o
Kurs