Sabtu, 18 Mei 2024

Kenalkan Seni Budaya Indonesia, Lihat Batik dan Wayang Kulit

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Puluhan bocah-bocah berseragam merah muda, Senin (7/4/2014) mendatangi aula SMKN 12 Surabaya, untuk melihat dari dekat bagaimana bentuk wayang kulit dan penampilannya jika dimainkan.

”Wayang Kulit itu memang bagian dari budaya bangsa ini. Wayang kulit adalah tradisi yang ada di Indonesia. Dan tugas kita adalah melestarikannya. Karena wayang kulit menjadi harta warisan kebudayaan Indonesia,” ujar Suprapto satu diantara pengajar Pedalangan SMKN 12 Surabaya.

Lalu, bocah-bocah berseragam merah muda itu duduk melingkar melihat dan mendengarkan lebih lanjut penjelasan terkait wayang kulit sebagai bagian dari kesenian tradisional Indonesia.

Di sudut bagian lainnya, beberapa bocah PGTK Al Uswah 2 Surabaya melihat satu diantara siswi SMKN 12 Surabaya sedang membuat pola pada selembar kain batik dengan menggunakan canting elektronik.

“Batik pada zaman dahulu memang menggunakan canting terbuat dari bambu. Tapi sekarang ada juga canting elektronik yang digerakkan dengan listrik. Batik juga satu diantara warisan budaya tradisi Indonesia,” tambah Suprapto.

Secara khusus, Senin (7/4/2014) puluhan siswa PGTK Al Uswah 2 Surabaya mendatangi SMKN 12 Surabaya untuk mengenal dan melihat dari dekat sejumlah warisan budaya dan tradisi asli Indonesia.

“Kami ingin mengajak siswa sejak dini mengenal warisan tradisi dan budaya Indonesia. Dan pada kesempatan ini kami ajak siswa ke SMKN 12 Surabaya yang memang lebih banyak mempelajari seni dan budaya,” tutur Aini pengajar PGTK Al Uswah 2 Surabaya pada suarasurabaya.net, Senin (7/4/2014).(tok/ipg)

Teks foto:
– Melihat dan mengenali proses pembuatan batik.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
29o
Kurs