Kamis, 28 Maret 2024

Kerugian Kebakaran Pasar Senen Ditaksir Rp100 Miliar

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Kerugian akibat kebakaran di Blok III Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (25/4/2014) ditaksir mencapai lebih dari Rp.100 miliar.

“Kami memperkirakan kerugian lebih dari Rp100 miliar karena tiap pedagang dapat numpuk modal di atas Rp200 juta per kios dan ada lebih dari dua ribu kios yang terbakar,” kata Abdullah Mansuri Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Seluruh Indonesia di Pasar Senen Jakarta seperti dilaporkan Antara.

Mansuri mengatakan, kebakaran yang menghanguskan lebih dari dua ribu kios di Blok III Pasar Senen itu merupakan kebakaran kedua yang pernah terjadi dan kebakaran pada Jumat (25/4/2014) pagi merupakan yang terbesar.

“Sebelumnya ada wacana revitalisasi Pasar Senen sehingga patut diduga ada kebuntuan atas wacana revitalisasi itu meski sebagian pedagang pasar ini setuju untuk direvitalisasi,” kata Mansuri.

Para pedagang Pasar Senen, lanjut Mansuri, berharap Pemerintah Provinsi DKI untuk memberikan bantuan secara nyata dan cepat baik berupa bantuan tempat berdagang, bantuan psikologis dan ataupun pendataan.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta, Subejo, mengatakan hampir seluruh kios di blok III Pasar Senen terbakar karena terdapat banyak materil tekstil.

“Pemicunya adalah koorsleting arus listrik. Informasi api berawal dari lantai satu yang sebagian besar berisi tekstil,” kata Subejo.

Dinas Pemadam Kebakaran mengerahkan 43 unit mobil pemadam kebakaran dengan 28 unit mobil pompa air.

Kendaraan pemadam yang dikerahkan antara lain berasal dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, serta kendaraan bantuan operasi.

“Kami terkendala intensitas air yang kurang dan lalu lintas padat, selain banyak bahan yang mudah terbakar dan sejumlah kios yang memang belum dibuka. Semoga api tidak menyebar ke blok sebelahnya,” kata Subejo.

Sebelumnya, Irjen Dwi Priyatno Kapolda Metro Jaya mengatakan, sebanyak 600 personel Polda Metro Jaya diturunkan untuk mengamankan kondisi di sekitar Pasar Senen.

“Ada enam saksi yang akan kami periksa,” kata Kapolda Metro Jaya.

Pasar Senen terbakar sejak Jumat (25/4/2014) pukul 04.20 WIB. Hingga pukul 14.50 WIB asap hitam masih mengepul dari blok III Pasar Senen Jakarta Pusat. (ant/dwi/ipg)

Teks Foto:
– Pasar Senen, Jakarta Pusat yang terbakar, Jumat (25/4/2014).
Foto: Antara

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs