Senin, 27 Mei 2024

Ketika Jazz Bertemu Classic di Paradox Concert

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Gelaran konser musik jazz atau konser musik classic sudah umum diadakan di Indonesia, terlebih di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta dan lain sebagainya. Namun bagaimana jika kedua musik yang berbeda tersebut bertemu dalam satu panggung yang sama dan berkolaborasi?.

Errol Jonathans, satu di antara penggagas Paradox Concert mengungkapkan perpaduan musik berbeda kutub yakni classic dan jazz dalam satu panggung akan menjadi konser yang unik.

“Paradox itu inti maknanya saling-silang, bertolak belakang atau kontradiksi namun dikumpulkan menjadi satu-kesatuan. Ini sangat menarik dan masih sangat jarang di Indonesia,” paparnya pada suarasurabaya.net.

Menurutnya, di luar negeri konser musik yang bertipikal serius seperti classic dan jazz juga perpaduan keduanya sudah cukup populer dan go public, namun di Indonesia ini belum banyak berkembang dan peminatnya masih sedikit.

Untuk itu Ia bersama para musisi lintas negara dari Singapore, Taiwan dan Inggris menggagas Paradox Concert yang akan menampilkan musik classic, jazz dan dipadu dengan musik pop dalam satu panggung.

Lewat acara ini, katanya, diharapkan bisa menggugah lebih banyak minat pemuda-pemudi agar memberi banyak perhatian dan apresiasi pada musik yang bertipikal serius. “Diharapkan juga ada regenerasi, salah satunya ke jenis vocal klasik, karena masih sangat minim dan terbatas,” katanya. Padahal musik seperti ini memiliki sejumlah manfaat salah satunya efek relax yang berhubungan dengan kesehatan jantung.

Terkait Paradox Concert sendiri, acara akan digelar gratis di Ciputra Hall, Puri Widya Kencana, Citraland, Surabaya pada Kamis, 11 September 2014, pukul 19.30 WIB.

Para musisi yang hadir mengisi acara berasal dari musisi lokal dan juga musisi dari negara lain. Di antaranya, Stella Zhou (Singapore), Ho Fei Fan (Taiwan), Timoty Huang, dan musisi lokal yakni Jessica Sudarta, Damien E.J., dan Bagus Adimas Prasetio.

Para musisi dari luar tersebut, merupakan orang-orang yang berpengalaman mengadakan konser di sejumlah negara dan kali ini berkesempatan tampil di Surabaya, Indonesia.

“Untuk gelaran di Surabaya mereka, utamanya Stella Zhou mengaku menyiapkan diri secara khusus dan menyeleksi timnya lebih ketat untuk tampil di Paradox Concert. Ini karena mereka mendengar bahwa kualitas musikal orang Surabaya pada musik klasik levelnya sangat tinggi,” terangnya.

Selain itu, untuk bisa hadir dalam acara tersebut, masyarakat bisa mendaftar melalui Radio Suara Surabaya di 031-5683040 secara gratis hingga jadwal tampil pada 11 September mendatang. (ain/ipg/edy)

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Senin, 27 Mei 2024
29o
Kurs