Minggu, 5 Mei 2024

Kini Pengguna Kursi Roda Bisa Naik Tangga

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Bagi para lansia dan pengguna kursi roda, menaiki sebuah tangga kini tak akan lagi jadi halangan. Ini setelah Albert Gunadhi, Ketua Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) menemukan sebuah alat khusus yang mampu membantu para pengguna kursi roda untuk naik maupun turun tangga.

Menurut Albert, alat ini awalnya diperuntukkan untuk kebutuhan pasien di rumah sakit bertingkat. Namun dalam perkembangannya, Albert juga ingin membuat di rumah sendiri untuk membantu Ibundanya yang berusia lanjut, agar tidak merepotkan orang lain.

“Dengan alat ini, mereka bisa menjalani harinya dengan lebih efisien, tanpa merepotkan orang lain ataupun membayar biaya lebih untuk tenaga pengangkut atau membangun lift khusus di rumah. Cukup dengan menekan tombol dan mereka sudah bisa naik dan turun sendiri, lengkap dengan kursi rodanya,” kata Albert.

Sebuah alat yang masih berupa prototip ini, dibuat menggunakan bahan alumunium ukuran panjang 180 cm serta dirancang untuk dapat menanjak di kemiringan 25 derajat. Struktur utama terdiri dari 2 bagian, yaitu bagian rel dan bagian angkat.

Untuk menggerakkannya, diperlukan sistem kontrol yang terdiri dari kawat seling, motor dan positioner. “Meskipun baru prototip, pada prinsipnya alat ini dapat bekerja dengan baik. Bagian pengangkat pengguna kursi roda dapat dilipat saat tidak digunakan dengan bantuan modul positioner,” jelas Albert.

Prinsip teknik yang digunakan adalah elektronika mekanik sebagai gabungan antara elektronika dan mekanika. “Dengan dana sekitar 10 juta rupiah sudah bisa membuat alat dari besi yang sanggup menahan beban hingga 200kg dan cukup untuk bangunan 2 lantai,” kata Albert.

Dia berharap, dengan alat ini mampu membantu jutaan pengguna kursi roda. Apalagi, di Indonesia jumlah penduduk lansia telah menduduki peringkat ke empat terbesar di dunia setelah China, India dan Amerika. (tok/fik)

Teks foto:
-Meski masih prototipe alat sederhana yang membantu lansia dan pengguna kursi roda ini cukup mudah dioperasionalkan.
Foto: Istimewa

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
25o
Kurs