Minggu, 19 Mei 2024

Konselor Sebaya Program Tanggulangi Tindak Kriminal Remaja

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Konselor Sebaya program yang dimiliki Dinas Pendidikan Kota Surabaya untuk menanggulangi permasalahan tindak kriminal remaja yang didominasi usia 16-18 tahun.

Dr. Ikhsan, S.Psi., MM Kepala Dinas Pendidikan Pemkot Surabaya pada Radio Suara Surabaya mengatakan, pihaknya mengundang siswa di setiap kelas dari SMP dan SMA. Kemudian siswa didampingi dan diberikan pembekalan untuk bisa menjadi teman curhat bagi temannya.

“Karena berdasarkan penelitian anak itu curhatnya paling banyak ke teman baru ke orang tua dan media sosial. Kita latih khusus mereka untuk mendengar dan menjaga temannya,” kata dia.

Materinya, lanjut dia, mulai dari internet sehat, narkoba, kesehatan, HIV Aids dan psikologi. Tahun 2014 ini sudah merupakan tahun ketiga dan untuk tahun 2014 ini lebih ditekankan pada guru BK dan guru agama.

“Selain itu juga ada ekstrakurikuler, ada materi tambahan sehingga mereka bisa mendeteksi secara dini dan melakukan pendekatan pada teman-temannya yang bermasalah,” ujar dia.

Tujuan utama dari program ini, kata dia, pihaknya ingin agar anak-anak tidak salah dalam mencurahkan hati dan menceritakan masalah mereka. Sehingga pihaknya bisa membantu melakukan pendampingan dan penanganan pada anak yang mempunyai masalah.

“Dengan seperti ini bisa menekan anak-anak yang nakal. Kita juga minta di rumah peran dari orang tua untuk melakukan pembinaan supaya tidak lepas lagi,” tambah dia. (dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
30o
Kurs