Sabtu, 4 Mei 2024
Kebakaran di Jl. Koblen

Korsleting Diduga Jadi Penyebab Kebakaran RM Padang

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Rumah no 02 Jl. Koblen Kidul, Bubutan, Surabaya, Jumat (11/4/2014) sekitar pukul 10.00 WIB dilalap si jago merah. Kebakaran yang terjadi diduga karena korsleting di bagian dapur.

Pantauan suarasurabaya.net, kamar tidur dan dapur rumah milik Indra (35) ludes terbakar. Ada sekitar 10 tabung LPG 3 kg berada di dapur, namun tidak sampai meledak. Warga sekitar sempat panik saat kebakaran terjadi. Mereka berusaha menyelamatkan barang-barang yang berada di rumah no. 04, karena kuatir api menjalar ke rumah tersebut.

Kapten Agus Riyanto Danramil 0830/04 Bubutan saat dilokasi mengatakan, saat kebakaran terjadi kebetulan dua anggotanya sedang melakukan patroli rutin. Kemudian langsung melakukan tindakan awal, dengan memadamkan api dengan alat pemadam api ringan (APAR) dan menghubungi PMK.

“Kebetulan anggota sedang patroli, melihat ada asap tebal di lokasi. Karena rumah dalam kondisi kosong, anggota mendobrak pintu, lalu dilakukan pemadaman awal dengan APAR pinjam toko sebelahnya,” kata Kapten Agus kepada suarasurabaya.net, Jumat (11/4/2014).

Dia menambahkan, menurut keterangan warga sekitar, rumah sudah sekitar seminggu ditinggal pemiliknya, karena harus menunggu salah satu keluarganya yang dirawat di rumah sakit.

Sementara itu, Candra Oeratmangun kepala dinas kebakaran kota Surabaya mengatakan, titik awal api terlihat dari bagian dapur lalu merembet ke bagian kamar tidur. Rumah yang terbakar juga digunakan untuk warung makann sehingga banyak tabung gas LPG di bagian dapur.

“Ini tadi anggota Koramil yang melakukan pemadaman awal dengan APAR. Kami menerjun lima unit mobil PMK untuk memadamkan api, karena lokasi berada di kawasan padat penduduk,” kata Candra.

Dia menambahkan, luas rumah sekitar 5×20 meter persegi, dan yang terbakar sekitar 5×4 meter persegi di bagian belakang rumah. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun warga sempat panik dan menyelamatkan harta bendanya.

Petugas PMK melakukan pemadaman sampai dengan pukul 10.30 WIB kemudian dilanjutkan pembasahan. Pembasahan selesai sekitar pukul 11.30 WIB. “Kami lakukan pembasahan cukup lama, mengingat banyaknya tabung LPG yang berada di dapur,” pungkasnya. (wak/rst)

Teks Foto:
– Petugas PMK saat melakukan pembasahaan di bagian dapur rumah no. 02 Jl. Koblen Kidul, Bubutan, Surabaya.
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
32o
Kurs