Kamis, 2 Mei 2024

Kunci Jawaban UN Dibagi Gratis di Lamongan

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Hasil penyelidikan yang dilakukan anggota unit kejahatan umum (Jatanum) Polrestabes, kunci jawaban yang berhasil diamankan beberapa waktu lalu di Surabaya, dibagikan secara gratis di Kabupaten Lamongan.

Kombes Pol Setija Junianta Kapolrestabes Surabaya mengatakan, dari pengakuan tersangka, kunci jawaban yang dibuat oleh oknum guru setelah berhasil mencuri naskah asli soal UN dibagikan secara gratis kepada beberapa guru lainnya di Lamongan yang menginginkan.

“Oknum guru ini membagikan gratis di Lamongan. Bisa saja alasan agar siswa disana mendapatkan nilai hasil UN yang memuaskan,” kata Kombes Pol Setija Junianta kepada wartawan, Senin (12/5/2014).

Dia menambahkan, untuk kunci jawaban yang disebar di Surabaya, dijual oleh tersangka yang kenal dengan oknum guru di Lamongan. “Tersangka yang berada di Surabaya melihat kunci jawaban itu dapat menghasilkan uang, karena itu dijual oleh tersangka yang tinggal di Surabaya,” ujarnya.

Sekadar diketahui, kunci jawaban yang berhasil diamankan pihak kepolisian saat hari terakhir ujian nasional (UN) beberapa waktu lalu, dibuat oleh oknum guru di Lamongan. Oknum guru tersebut mencuri naskah soal UN saat pendistribusian dari Polres ke Polsek, kemudian mengerjakannya selama dua hari.

Sementara itu pihak Polrestabes Surabaya telah menetapkan delapan tersangka, terkait kasus bocornya kunci jawaban UN SMA di Surabaya. (wak/ipg)

Teks Foto:
– Barang bukti yang berhasil diamankan polisi, antara lain naskah asli soal UN, kunci jawaban, serta sejumlah uang tunai.
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
26o
Kurs