Sabtu, 18 Mei 2024

Kurangi Penumpukan Penduduk, Pemerintah Kembangkan Industri di Luar Jawa

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan

M. Saleh Husin Menteri Perindustrian mengatakan, pemerintah akan mendorong pembangunan industri di luar Pulau Jawa.

Langkah pemerintah ini untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di luar Jawa dan mengurangi penumpukan penduduk di Pulau Jawa.

Dilain sisi, pemerintah juga akan mengundang investor untuk ikut bersama-sama mengembangkan industri di Pulau Sumatara, Kalimantan, Sulawesi bahkan Papua.

Kata Saleh Husen, pemerintah akan memfasilitasi dengan menyederhakan perijinan dan membangun infrastruktur pendukung yang selama ini dikeluhkan investor.

“Mana ada investor mau masuk kalau ijin dipersulit dan infrastrukturnya sepeti jalan, listrik dan pelabuhan tidak ada,” katanya

Kunjungan Joko Widodo Presiden RI ke Sumatera selama dua hari untuk menjajagi pembangunan industri di luar Jawa kata mentri perindustrian di Jakarta, Rabu (26/11/2014) tadi.

“Diluar Pulau Jawa menjadi salah satu prioritas yang harus kita implementasikan dan sementara ini sudah ada beberapa yang berjalan,” ujarnya.

Hanif Dakiri Menteri Tenaga Kerja menjelaskan, dengan dibangunnya industri di luar Jawa, akan membuka lapangan kerja baru di luar Jawa. Sehingga, untuk mencari pekerjaan tidak harus ke Jawa.(jos/ono/rts)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
32o
Kurs