Sabtu, 4 Mei 2024

Latihan Manasik Haji Ajarkan Rukun Islam

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Mengenakan Ihram, anak-anak itu mengenal Manasik Haji. Foto: Totok suarasurabaya.net

Ratusan anak-anak dengan mengenakan baju ihram, bersiap-siap melakukan Thawaf, yaitu berlari kecil mengelilingi Ka’bah sebagai satu di antara bagian atau kelengkapan pelaksanaan ibadah haji.

Sebelumnya anak-anak itu, juga melakukan beberapa keharusan sebagai kelengkapan ibadah haji. “Karena tema hari ini memang Manasik Haji Akbar, maka seluruh siswa diwajibkan untuk mengikuti kegiatan mulai dari awal,” terang Niken satu di antara panitia kegiatan.

Lebih dari 500 siswa mulai dari Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar dan SMP, kata Niken seluruhnya Selasa (23/9/2014) terlibat dalam kegiatan belajar tentang ibadah haji sebagai bagian dari Rukun Islam.

Di kelas, lanjut Niken, anak-anak sudah diberikan pemahaman tentang Ibadah Haji sebagai bagian dari Rukun Islam, dan kedatangan mereka di Masjid Agung Nasional Al Akbar adalah untuk langsung praktik.

“Pengetahuan tentang Rukun Islam dengan satu di antaranya adalah pelaksanaan Ibadah haji memang sudah diberikan di kelas masing-masing. Hari ini para siswa diajak berpraktik langsung. Pembelajaran dengan praktik langsung,” tambah Niken saat ditemui suarasurabaya.net.

Siswa dibagi dalam beberapa kelompok dengan tugas masing-masing yang berbeda. Mulai dari petugas imigrasi sampai dengan petugas yang menjadi Imam dan Khotib saat Wukuf di Arofah.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
27o
Kurs