Kamis, 24 September 2020

Lebaran Komunikasi Over Traffic Picu Rawan Pending

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Aktivitas telekomunikasi saat lebaran akan meningkat tajam karena banyak masyarakat yang mengirimkan ucapan hari raya lewat pesan singkat.

Dr. Drs. Henry Subiyakto SH MA Staff Ahli Menkominfo pada Radio Suara Surabaya mengatakan, untuk menghadapi traffic komunikasi yang tinggi menjelang lebaran, pihaknya sudah mengumpulkan operator selular agar melakukan siaga mudik lebaran.

“Pola perilaku berkomunikasi akan berbeda, di daerah-daerah kecil akan terjadi peningkatan komunikasi sedangkan di Surabaya atau Jakarta pasti akan kecil sebab semua mudik. Padahal jaringan di masing-masing daerah tidak sama,” kata dia.

Oleh karena itu, lanjut dia, pihaknya mengimbau pada operator seluler agar memperkuat dari sisi teknologi agar bisa memuat lebih banyak. Di tingkat operasional traffic tidak hanya soal pengguna saja tetapi juga soal penggunaan telepon, BBM dan SMS untuk mengucapkan selamat hari raya.

“Aktivitas akan sangat padat sehingga rawan delay atau pending. Kami minta operator tingkatkan kualitas karena di wilayah tertentu secara cover area ada yang kurang bagus,” ujar dia.

Untuk alternatif antisipasi jaringan tercepat selama lebaran, tambah dia, operator selular akan menggunakan mobile BTS Combat di daerah-daerah yang menjadi jalur macet sehingga traffic meningkat. (dwi/rs)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

M. Aprileo Habie

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Kamis, 24 September 2020
26o
Kurs