Rabu, 3 Maret 2021

Lestarikan Cerita Nusantara Lewat Qbaca

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Untuk mendukung pelestarian cerita-cerita nusantara Telkom meluncurkan layanan eBook atau buku digital Qbaca.

Dengan adannya konten digital bertajuk “Cerita Nusantara” itu, Telkom berharap bisa mengumpulkan 1001 cerita nusantara dalam bentuk digital yang dapat diakses siapapun, khususnya masyarakat Indonesia.

Agus Fachrurrozy Abdillah Deputi Executive General Manager Divisi Solution Convenrgence PT Telkom mengatakan, dengan adanya konten digital itu diharapkan potensi kepunahan warisan budaya bangsa, khususnya tentang cerita rakyat, asal-usul, sejarah kesenian, biografi tokoh, dan sejarah tempat bisa diminimalkan.

“Jangan sampai cerita-cerita rakyat yang ada di Indonesia dan asli Indonesia di klaim negara atau bangsa lain, hanya karena tidak terbukukan,” ujar Agus, Selasa (4/3/2014).

Menurut Agus, program Qbaca yang diluncurkan PT Telkom itu disediakan gratis untuk para penerbit, penerbit mandiri, penulis pengelola komunitas literasi, pengelolaan perpustakaan, pengelola lembaga budaya dan akademisi.

Qbaca yang merupakan platform buku digital dari Telkom itu, dapat diakses dari Android, iOS dan Windows Phone. “Konten itu nantinya dapat diakses anak-anak untuk kepentingan pendidikan sekaligus mengenalkan kekayaan khazanah budaya Indonesia dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun,” papar Agus.

Selain menyediakan beberapa layanan buku digital berbayar, Qbaca juga menyiapkan 400 lebih buku digital gratis. “Buku-buku itu di antaranya berisi novel, komik, buku-buku pelajaran dari berbagai penerbit dan pemerintah,” tutur Agus. (tas/ipg)

Teks Foto :
– Peluncuran konten digital Qbaca yang dilakukan PT Telkom, di Surabaya, Selasa (4/3/2014).
Foto : Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Atap Ambruk di Rangkah

Berlubang dan Berkubang

Kebakaran Rumah di Wonosari Surabaya

Truk Tabrak Warung di Sidoarjo

Surabaya
Rabu, 3 Maret 2021
25o
Kurs