Senin, 20 Mei 2024

Lima Gunung Api di Jatim Masih Waspada

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Lima gunung api di Jawa Timur hingga kini masih ditetapkan status Waspada. Artinya, lima gunung yaitu Bromo, Kelud, Ijen, Raung dan Semeru masih berbahaya untuk aktifitas manusia khususnya di radius 1-2 km dari puncak gunung.

Data yang dimiliki Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jawa Timur menyebutkan, selama sebulan terakhir untuk Gunung Bromo sempat tercatat 13 kali kegempaan tektonik jauh, dua kali tektonik dangkal, empat kali vulkanik tipe A dan tiga kali vulkanik tipe B.

Sedangkan Semeru, kegempatan mencapai 1.019 kali dengan kegempaan tektonik jauh sebanyak 26 kali, vulkanik dalam 5 kali, tremor 24 kali, serta terjadi guguran lava hingga 9 kali.

Begitujuga Gunung Raung, tektonik jauh mencapai 234 kali, Tremor 22 kali, tektonik dangkal 7 kali, serta vulkanik tipe B 11 kali. Untuk Gunung Ijen, tektonik jauh 82 kali, tektonik lokal dua kali, vulkanik tipe A 10 kali, tipe B 122 kali, dan sempat terjadi gempa longsoran 6 kali.

Sementara untuk Gunung Kelud, tektonik jauh masih tercatat 180 kali, lantas tektonik lokal 17 kali, vulkanik tipe A 76 kali, vulkanik tipe B 155 kali, serta gempa ringan terjadi hingga 16 kali.

“Kami masih terus melaukan pemantauan dan berkoordinasi dengan PVMBG,” kata Dewi J Putriatni, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jawa Timur, Senin (26/5/2014).

Dinas ESDM juga telah minta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk melokalisir wisatawan tak sampai ke sekitar kawah karena kondisinya masih cukup membahayakan. (fik/dwi)

Foto : Ilustrasi

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
25o
Kurs