Kamis, 2 Mei 2024

Lima Ruang Meeting Unik di Dunia

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Desain ruang rapat atau meeting belakangan ini menjadi perhatian dan pilihan penting para profesional. Bahkan beberapa meyakini, ruang meeting yang efektif dan fleksibel dengan desain tidak biasa atau unik mampu menunjang kinerja setiap karyawan yang bekerja di suatu perusahaan.

Selain itu, Desain ruang meeting yang baik tentu akan membuat partner dan klien bisnis menjadi nyaman sehingga bisa bekerjasama dengan baik.

Melihat pentingnya desain ruang meeting banyak orang baik dari perusahaan maupun perorangan di dunia yang membangun ruangan yang nyaman dan unik untuk meeting. Beberapa diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Ruang meeting berbentuk Kubah Geodesik di Denmark

Bangunan ini dikenal sebagai kubah pertemuan Masyarakat, yang menyediakan ruang-ruang untuk kegiatan tertentu.

Dirancang oleh Kristoffer Tejlgaard dan Benny Jepsen dengan mencontohkan Rancangan yang kreatif, desain yang efisien, dan konstruksi matematika.

Selain itu, bangunan ini dirancang sedemikian rupa sehingga memungkinkan untuk menggunakan variasi kerangka. Dimana kerangka bangunan bisa dibongkar dan ditempatkan dalam desain baru.

Bingkai terbuat dengan beragam ukuran balok kayu dan kayu lapis untuk meminimalkan konsumsi bahan. Semua interior, fasad, dan lantai dibuat dengan pinus yang bersumber secara lokal.

2. Ruang meeting situs media sosial Faceparty

Perusahaan kreatif Helix 3D diminta oleh situs media sosial Faceparty untuk mengubah 16.000 sq ft Victorian di East London menjadi sebuah kantor yang bisa bertahan walaupaun kiamat atau perang nuklir berlangsung serta tetap mencerminkan slogan faceparty yang bercita-cita menjadi partai terbesar di muka bumi.

Hasilnya adalah seperti perjalanan nyata ke dalam dunia fantasi, yang dikerjakan selama 16 minggu untuk menyelesaikan proyek fantastik ini.

Ruang pertemuan yang tersembunyi di dalam sebuah gubuk kayu rumah pohon, bunker dan ruang beludru disetting alami dan gelap.

3. Ruang meeting di Kantor Lego, Denmark

Kantor departemen pengembang produk Lego terletak di Billund, Denmark. Jika dilihat sekilas kantor itu terlihat mirip arena bermain.

Sang desainer, Rosan Bosch dan Rune Fjord memang sengaja mengaplikasikan nuansa informal ini agar nilai-nila fun, unity, creativity, innovation, imagination, dan sustainability yang ada dalam produk LEGO dapat teraplikasikan juga dalam setiap karyawan LEGO yang bekerja di sana.

4. Ruang meeting G-Pod

G-Pod menyerupai kabin dari roda raksasa Ferris Eye London. Dibuat oleh spesialis taman Inggris, Taman Ornate di Birmingham, Inggris.

Unit G-Pod portabel futuristik terdapay empat pilihan yang berbeda, dirancang untuk menciptakan ruang duduk di halaman belakang, ruang makan dan juga kantor dengan ruang meeting artistik.

5. Ruang meeting dari Gerbong Monorail di Google Australia

Perusahaan digital raksasa Google, terkenal sebagai perusahaan yang memanjakan karyawannya. Mulai dari arsitektur kantor yang dibangun sangat menarik hingga sarana dan prasarana yang memadai.

Satu diantaranya ialah ruang meeting yang berasal dari gerbong monorail yang dipasang di kantorGoogle di Australia.

Ide pembangunan datang dari Paul Cowan, seorang insinyur Google yang melontarkan pernyataan bernada humor bahwa raksasa teknologi itu akan membeli Sydney Monorail.

Pada tanggal 8 Oktober 2013 lalu, dua gerbong telah menjadi bagian dari kantor Google Australia. Diperkirakan biaya pengangkatan dan pemasangan gerbong itu sekitar AD 250.000.
(berbagai/ain/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
33o
Kurs