Kamis, 2 Mei 2024

MEA 2015, Puspa Agro Siapkan Trading House Division

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Suasana Puspa Agro Jemundo. Foto: Ilustrasi

Puspa Agro membuka divisi baru, yaitu Trading House Division, untuk menjawab tantangan masa depan pasar bebas MEA 2015 mendatang.

Trading House Division disiapkan Puspa Agro untuk menjawab tantangan pasar bebas MEA 2015 mendatang, yang kabarnya akan memberikan keleluasaan kepada para trader negara asing khususnya Asean menginvasi pasar Indonesia dibidang buah, sayur, ikan dan ayam.

“Dari catatan kami, untuk menyambut diberlakukannya MEA 2015 mendatang, maka Puspa Agro memang harus mempersiapkan diri, agar tidak sekedar menjadi penonton. Tetapi justru ikut terlibat aktif menjadi pemain. Ini yang kami utamakan pada ‘Trading House Division’,” ujar Abdullah Muhibuddin Direktur Puspa Agro, saat berbincang dengan suarasurabaya.net, Kamis (23/10/2014).

Pada Trading House Division, petani sebagai produsen aneka sayur dan buah yang menjadi satu diantara komoditi terbesar Puspa Agro, akan secara langsung berhubungan dengan Puspa Agro.

“Kami akan jemput bola kepada para petani sebagai produsen langsung,” tegas Abdullah Muhibuddin.

Petani, lanjut Muhibuddin, tidak lagi berhubungan dengan tengkulak yang dalam prakteknya memang akhirnya dapat mempermainkan harga pasar, dan tidak menutup kemungkinan memberikan dampak kurang bagus untuk kesejahteraan petani.

Dan diakui oleh Abdullah Muhibuddin, bahwa pembentukan Trading House Division, satu diantara targetnya adalah memangkas jalur panjang petani sebagai produsen dengan konsumen melalui tengkulak, untuk kemudian digantikan oleh keberadaan Trading House Division tersebut.

“Oleh karena itu, saat ini kami memang tengah membangun jejaring yang ada, agar menjadi lebih kuat, dan saat MEA 2015 mulai berlangsung, maka kami akan memiliki kesiapan untuk ikut bermain dipasar bebas tersebut. Itu yang kami harapkan,” tegas Abdullah Muhibuddin.

Namun demikian, masih ada banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Puspa Agro dalam rangka menghadapi MEA 2015 melalui Trading House Division ini, sehingga dapat dipastikan bahwa Puspa Agro dapat ikut bermain dalam pasar bebas 2015.(tok/nif)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
31o
Kurs