Minggu, 5 Mei 2024

MEA 2015, Siswa SMK Wajib Tingkatkan Kompetensi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Saifullah Yusuf Wakil Gubernur Jawa Timur meninjau satu diantara stand SMK. Foto: Totok suarasurabaya.net

Saifullah Yusuf wakil gubernur Jawa Timur menegaskan menjelang berlakunya pasar bebas dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015, segenap siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) apapun jurusan dan program studi yang dipilih, wajib meningkatkan diri dalam kompetensi.

“Supaya para siswa SMK ini dapat memenangkan persaingan dipasar bebas. Paling tidak mereka bisa ikut berbicara dikancah internasional, terkait dengan produk-produk serta karya mereka. Peningkatan kompetensi menjadi sangat penting,” ujar Saifullah Yusuf.

Lebih jauh Saifullah Yusuf menambahkan, bahwa saat ini keberadaan dunia usaha sangat membutuhkan kehadiran siswa-siswa SMK karena mereka memang dipersiapkan untuk bisa langsung masuk ke dunia kerja tanpa harus menunggu proses yang lama.

“Dunia usaha kita memang membutuhkan siswa-siswa SMK yang memang dipersiapkan langsung memasuki dunia kerja. Dan jika dikaitkan dengan bakal berlangsungnya pasar bebas, maka siswa SMK harus meningkatkan potensi dirinya,” kata Saifullah Yusuf jelang pembukaan pameran karya SMK dan job matching 2014 di JX International, Surabaya, Kamis (20/11/2014).

Peningkatan kompetensi yang dimaksudkan adalah peningkatan kemampuan dan keterampilan masing-masing siswa untuk terus menerus belajar dan menyesuaikan diri dengan kemajuan serta standarisasi dunia usaha yang terus bergerak kedepan.(tok/wak)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
25o
Kurs