Minggu, 5 Mei 2024

Mahasiswa Demo Tolak Unair Banyuwangi

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Ratusan mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta dan civitas akademika Untag Banyuwangi mendatangi Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, Kamis (13/3/2014) sekitar pukul 10.00 WIB.

Mereka melakukan unjuk rasa, menolak pembukaan Kampus Universitas Airlangga (Unair) di Kabupaten Banyuwangi yang rencananya akan memulai perkuliahan tahun ini.

Seperti yang dilaporkan Ivant Alfandi Reporter Radio Mandala Banyuwangi, unjuk rasa berawal dari adanya pertemuan Unair Surabaya, Kemendikbud, serta Untag Banyuwangi. Massa menolak pembukaan Unair di Banyuwangi karena dinilai menyalahi Undang-Undang Pendidikan yang berlaku.

Pembukaan kampus kebanggan asal Surabaya itu dinilai sedikitnya menyalahi 3 aturan perundang undangan yang berlaku. Ketiga aturan yang sengaja akan ditabrak untuk melegalkan berdirinya kampus Unair di Banyuwangi itu diantaranya, Permendiknas No 20 Tahun 2011 tentang penyelenggaraan prodi diluar domisili, UU No 12 Tahun 2012 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU No 32 Tahun 2004 tentang Otonomi Daerah.

“Pemkab Banyuwangi sudah tidak lagi melihat aturan. Pembukaan Unair terlalu dipaksakan,”ungkap salah satu demonstran saat melakukan orasi, Kamis (13/3/2014).

Puluhan massa ini menolak pembukaan Unair di Banyuwangi karena menurut mereka menyalahi UU Pendidikan. Mereka meminta untuk berdialog dengan DPRD dan Pemkab Banyuwangi, seperti dilaporkan Ivan pada Radio Suara Surabaya, Kamis (13/3/2014).

Aksi ini muncul setelah adanya Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab Banyuwangi, Unair dan Kemendikbud, untuk membuka Perguruan Tinggi Negeri di daerah lain.

Saat ini pendemo mengarah ke kantor DPRD Banyuwangi, untuk menagih janji bertemu dengan Kemendikbud, dan Pemkab.

Aksi yang berlangsung sekitar 45 menit ini langsung mendapatkan respon dari Pemkab Banyuwangi. Sebagian perwakilan pendemo langsung diterima oleh Asisten Kesra, Wiyono, Asisten Pemerintahan Khoirul Ustadi dan Asisten Pembangunan, Sulihtiyono.

Menurut Pemkab Banyuwangi, pembukaan Unair di Banyuwangi merupakan perintah dari Kementrian Pendidikan Nasional. Perintah tersebut langsung diberikan ke Unair sesuai dengan permintaan Pemkab untuk adanya Perguruan Tinggi Negeri di Banyuwangi. (wak/ipg)

Teks Foto:
– Aksi demo yang menolak kehadiran Unair Banyuwangi di Kabupaten Banyuwangi, Kamis (13/3/2014).
Foto: Ivant Alfandi Radio Mandala Banyuwangi untuk suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs