Jumat, 17 Mei 2024

Mahasiswa Jepang Tertarik Jajan Pasar

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Beberapa mahasiswa Jepang yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya, mengaku tertarik kenikmatan dan kelezatan dari Jajan Pasar. Selain enak, manis dan gurih bentuknya juga menarik perhatian.

”Rasanya enak, gurih, manis. Di Jepang juga ada makanan seperti ini. Tapi bentuknya memang tidak sama. Rasanya dan penampilannya hampir sama. Enak. Saya suka. Tapi jangan suruh saya membuat makanan seperti itu. Pasti sulit membuatnya,” ujar Rena Kasumoto satu di antara mahasiswa Universitas Setsunan, Osaka Jepang.

Selasa (3/6/2014) bersama Nana Araki, dan Shoko Maekawa, Rena Katsumoto berkesempatan mencicipi sajian aneka makanan tradisional khas Indonesia yang ditampilkan di kampus Unitomo Surabaya dalam rangka memperkenalkan keragaman kuliner dan sajian tradisional.

“Kami memang belajar budaya Indonesia. Dan sajian Jajan Pasar ini bagian dari budaya Indonesia. Sangat menarik. Lucu, tapi rasanya enak sekali. Jepang juga punya sajian-sajian kue-kue tradisional

Lopis, Ketan, Klanting disajikan diatas sebuah Tampah beralaskan Daun Pisang, dibuat sedemikian rupa, dilengkapi dengan sirup Gula Merah, disajikan khusus untuk para mahasiswa termasuk para mahasiswa Jepang yang sedang kuliah di Unitomo Surabaya itu.

“Kesempatan seperti ini memang sengaja kami hadirkan, sebagai bagian untuk memperkenalkan budaya dan tradisi khas Indonesia. Para mahasiswa dari luar negeri, sperti Jepang, memang antusias ketika diberikan paparan tentang kekhasan Indonesia. Dan Jajan Pasar ini juga adalah bagian tradisi khas negeri ini,” terang Agustiawan Joko Samudro Humas Unitomo Surabaya, pada suarasurabaya.net, Selasa (3/6/2014).(tok/ipg)

Teks foto:
– Mahasiswa Jepang cicipi Jajan Pasar Indonesia.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
31o
Kurs