Rabu, 22 Mei 2024

Majapahit Travel Fair Resmi Dibuka

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Majapahit Travel Fair (MTF) 2014 resmi dibuka. Bertempat di Convention Hall Grand City, Surabaya, gelaran promosi wisata terbesar di Jawa Timur itu dibuka secara langsung oleh Soekarwo, Gubernur Jawa Timur, Kamis (8/5/2014) malam.

Sedikitnya 12 Negara mengikuti kegiatan yang tahun ini memasuki gelaran yang ke 15 kali ini. “Beberapa negara yang ikut sebagai buyer di antaranya Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja, Jerman, Jepang, Korea Selatan, Filipina, Tiongkok, Rusia dan Vietnam,” kata Jarianto, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, ketika memberikan sambutan pembukaan MTF 2014.

Menurut dia, MTF masih menjadi ajang promosi utama untuk manrik minat wisatawan ke Jawa Timur. Kegiatan ini, sekaligus menjadi ajang untuk menjual aneka paket wisata, hotel, serta produk penerbangan dan UMKM. Tak hanya itu, olahraga wisata juga menjadi jualan utama dalam gelaran kali ini.

MTF sendiri digelar selama empat hari hingga 11 Mei mendatang. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mempertemukan antara buyer, dan seller.

Selain itu, kegiatan tahun ini juga digelar travel exchange yang dilakukan di Hotel Bumi. Untuk travel exchange sendiri telah dibuka sejak Kamis pagi dan hasilnya hingga malam ini transaksi yang terjalin telah mencapai Rp42 miliar atau meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya mencapai Rp38 miliar.

Sedangkan beberapa lokasi wisata andalan yang dijual diantaranya adalah Bromo, Ijen, pantai plengkung, wisata golf, kawasan Malang serta Batu. “Selain itu, wisata religi ke Makam Sunan Ampel dan Gus Dur juga mulai menarik minat wisatawan,” kata dia.

Sementara itu Soekarwo, Gubernur Jawa Timur mengatakan perputaran uang dari industri pariwisata di Jawa Timur sangatlah besar. “Bahkan tahun lalu PDRB dari sektor ini mencapai Rp88,161 triliun,” kata dia.

Meski begitu, jumlah wisatawan asing ke Jawa Timur, kata Soekarwo, masih terbilang sedikit karena baru mencapai 300an ribu. “Padahal peluang industri pariwisata di Jatim masih cukup besar,” kata dia. (fik)

Teks Foto :
-Pembukaan Majapahit Travel Fair.
Foto : Taufik suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Rabu, 22 Mei 2024
27o
Kurs