Jumat, 3 Mei 2024

Malam Ini, Semerbak Hio Warnai Klenteng di Surabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Kamis (30/1/2014) malam ini, dipastikan wangi asap aroma Hio bakal menyeruak di sejumlah klenteng di Kota Surabaya seiring dengan pelaksanaan sembahyang perayaan Imlek.

“Malam pergantian tahun baru Tionghoa memang dimulai pukul 00.00 juga. Dan umat biasanya mulai bersembahyang menyambut pergantian tahun bersama-sama di klenteng-klenteng,” terang Yuliani pengurus klenteng Hong San Ko Tee.

Persembahyangan Imlek satu diantaranya memang selalu ditandai dengan pembakaran Hio dialtar-altar persembahyangan. “Umat memang membakar Hio untuk beroda kepada yang maha kuasa,” tambah Yuliani.

Namun demikian, sembahyang Imlek tidak hanya dilakukan pada malam hari menjelang pergantian tahun baru penanggalan Cina saja. Jumat (31/1/2014) pagi besok dipastikan asap Hio masih menyesaki klenteng-klenteng di Surabaya.

“Mereka yang tidak sempat bersembahyang pada malam pergantian tahun baru, biasnaya memilih berdoa pada pagi harinya, bersama segenap keluarga dan kerabatnya. Jumat (31/1/2014) pagi klenteng-klenteng pasti masih ramai,” tambah Yuliani pada suarasurabaya.net, Kamis (30/1/2014).

Anton satu diantara pengurus klenteng Jl. Coklat menyampaikan hal yang sama terkait sembahyang Imlek. “Kalau malam ini menjelang jam 24 pasti ramai. Terus dilanjutkan pagi harinya,” ujar Anton.(tok/edy)

Teks foto:
-Umat bersembahyang di klenteng-klenteng rayakan Imlek.
Foto: Dok. suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Jumat, 3 Mei 2024
Kurs