Minggu, 19 Mei 2024
Tiger Air Mandala Berhenti Beroperasi Mulai 1 Juli 2014

Mandala Airlines Harus Selesaikan Kewajiban Sebelum Berhenti Terbang

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan

EE Mangindaan Mentri Perhubungan (Menhub) mengingatkan dewan direksi maskapai penerbangan PT Mandala Airlines agar menyelesaikan tanggung jawabnya kepada calon penumpang sebelum Tiger Air Mandala yang dioperasikan berhenti terbang.

Menhub tidak ingin keributan yang terjadi saat Mandala menghentikan penerbangan beberapa tahun lalu, terulang lagi.

Calon penumpang harus menunggu berbulan bulan untuk mendapatkan kembali uang tiketnya.” Kejadian ini harus menjadi pelajaran bagi maskapai penerbangan lain di tanah air” kata Menhub di kantor Wapres, Kamis (19/6/2014).

Maskapai penerbangan Tiger Air Mandala akhirnya hanya mampu bertahan selama dua tahun. Tanggal 1 Juli 2014 maskapai penerbangan yang berinduk pada PT Mandala Airlines akan melakukan penerbangan terakhir dari Hongkong menuju Denpasar Bali dengan penerbangan RI545 pukul 02.35. Selain penerbangan ini seluruh penerbangan Mandala pada tanggal 1 Juli 2014 dan seterusnya dibatalkan.

Jusman Syafii Jamal Ketua Dewan Komisaris Tiger Air Mandala di Jakarta, Kamis (19/6/2014) mengatakan, kebijakan yang diambil oleh Dewan Mandala merupakan keputusan yang sangat berat.

Dewan mengambil keputusan dengan mempertimbangkan beberapa faktor, antara lain kondisi pasar yang sedang turun serta meningkatnya biaya operasional akibat depresiasi rupiah yang cukup tajam terhadap dolar AS. Dewan direksi dikatakan sudah berusaha mencari berbagai solusi agar Mandala tetap beroperasi, menemui jalan buntu.

Menurunnya jumlah penumpang, melemahnya nilai tukar Rupiah yang mencapai 20% sejak awal 2013 mengkibatkan biaya operasional Mandala membengkak secara signifikan.

Kata Jusman Syafii, sejak beroperasi kembali pada bulan April 2012, Mandala terus rugi. Perkembangan industri yang menantang membuat pemegang saham sulit terus memberikan dukungan keuangan kepada Mandala.

Maskapai secara resmi telah menyampaikan pemberitahuan kepada Direktorat Jenderal Perhubungan udara, sehubungan dihentikannya operasi Tiger Air Mandala seluruh rute mulai 1 Juli 2014. (jos/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
29o
Kurs