Jumat, 19 April 2024

Manfaat Makan Siang Untuk Mereka Yang Sibuk

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Sarapan pagi dinilai sebagai makan terpenting dalam satu hari. Makan malam dinilai sebagai yang paling nikmat. Sedangkan makan siang tidak terlalu mendapat perhatian. Begitulah pendapat yang banyak berkembang dikalangan profesional yang super sibuk.

Sebagian besar dari mereka menyempatkan makan siang dengan terburu-buru, bahkan ada melewatkan makan siang begitu saja. Lalu apakah baik bagi mereka kaum profesional melewatkan waktu makan siang.

Meriana Adriani, Dosen Prodi Gizi FKM Unair pada Radio Suara Surabaya mengatakan makan siang juga sama pentingnya dengan sarapan maupun makan malam. Hal ini karena bermanfaat menambah kalori untuk asupan tubuh.

“Kita banyak kehabisan banyak kalori saat beraktivitas, jadi perlu diimbangi dengan asupan makanan,” tegasnya.

Namun, jenis makanan yang masuk harus tetap disesuaikan dengan kebutuhan, karena kondisi tubuh tiap orang berbeda, salah satunya faktor umur. Jadi jenis kalori dan makanan yang dibutuhkan juga berbeda.

“Secara umum pilih makanan yang berkarbohidrat secukupnya namun sedikit mengandung lemak. Kalau usia sekitar 20-30 tahun perbanyak protein dan sayuran. Sedangkan yang berusia 30 ke atas banyak makan sayur dan buah,” kata Meriana menyarankan.

Jika tidak diatur atau salah makan maka akan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, jika melewatkan makan siang dapat menyebabkan gula darah turun, imunitas bisa terganggu. “Usahakan makan sebelum lapar sekali dan berhenti sebelum kenyang sekali,” jelas Meriana. (ain/dwi)

Teks Foto:
– Ilustrasi makan siang
Foto: fosil spk, blogger

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs