Minggu, 26 Mei 2024

Manuver Lima Pesawat Tempur Awali Upacara HUT TNI

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Manuver pesawat TNI Angkatan Udara dalam gladi menyambut HUT TNI. Foto : dok. suarasurabaya.net

Manuver lima pesawat tempur jenis F-16 dan sebuah Sukhoi awali upacara peringatan ke 69 HUT TNI yang digelar di Markas Komando Armada RI Kawasan Timur. Lima pesawat andalan TNI AU itu bermanuver sesaat setelah Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden tiba di tempat upacara.

Manuver ini didahului dengan terbang cepat yang dilakukan lima F-16 tepat di atas lokasi upacara. Di belakang lima pesawat ini, sebuah Sukhoi meluncur dengan melontarkan bola-bola api dan asap.

Sementara itu, kedatangan Presiden sendiri dilakukan setelah seluruh pasukan yang mengikuti defile sudah berjajar rapi. Peserta devile kali ini diikuti 3500 pasukan yang terdiri dari Drum Band Taruna Akademi TNI, satu Kompi Perwira Menengah, serta tiga brikade yaitu pertama berisi Batalyon POM TNI, Gabungan Wanita TNI dan Taruna Akademi TNI.

Sedangkan Brigade II terdiri dari personel TNI Angkatan Darat yaitu satu Batalyon Kopassus, satu Batalyon Infanteri Lintas Udara 503 Kostrad, serta satu Batalyon 500 rider.

Untuk brigade III berisi satu batalyon 512, batalyon kavaleri, Batalyon Arhanudse. Sementara untuk brigade IV berisi pasukan TNI Angkatan Laut yaitu Batalyon Bintara, Tamtama Pelaut dan Marinir.

Sedangkan Brigade V berisi pasukan TNI Angkatan Udara yaitu dari Batalyon Air Crew, Batalyon Bintara, Tamtama, Paskhas serta dari Batalyon PNS. (fik/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
27o
Kurs