Selasa, 21 Mei 2024
World Ozone day

Masyarakat Harus Diingatkan Untuk Jaga Ozon

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Lapisan Ozon di permukaan Bumi. Foto: Tempo.com

Hingga saat ini, berdasarkan laporan berbagai sumber ilmiah, keberadaan Ozon masih sangat penting dan diperlukan bumi. Masyarakat, dan warga dunia harus terus menerus diiingatkan akan pentingnya menjaga serta melindungi Ozon.

“Karena keberadaan Ozon hingga saat ini memang sangat dibutuhkan bumi tempat manusia hidup dan berkembang biak. Kalau tidak ada Ozon tidak ada kehidupan dimuka bumi. Masyarakat perlu diingatkan terus tentang Ozon itu,” ujar Wawan Some aktivis lingkungan.

Ditemui dikantornya, Wawan menyampaikan bahwa lapisan Ozon yang melindungi bumi, memang mengalami kebocoran. Dari tahun ke tahun, konon kebocoran atau lubang itu melebar. Dan jika tidak diantisipasi maka lebar atau lubang itu meluas.

Dan jika lubang pada Ozon itu meluas, maka tidak ada lapisan pelindung bagi bumi. “Itu sama artinya tidak ada perlindungan bagi manusia yang hidup diatas bumi menghindari partike-partikel berbahaya bagi kehidupan. Kita semua wajib menjaga,” terang Wawan Some yang juga penggiat Nol Sampah.

Sementara itu, bagi Roni direktur Tunas Hijau Indonesia, pengetahuan dan pemahaman tentang keberadaan Ozon, manfaat serta fungsinya memang harus terus menerus diinformasikan kepada masyarakat.

“Agar masyarakat juga memahami bahwa adalah kewajiban bagi semua orang yang menempati bumi ini untuk ikut menjaga keberadaan Ozon itu. Jika tidak, lubang ozon meluas, dan masyarakat tidak dapat berbuat apa-apa. Kehidupan di muka bumi akan berakhir,” pungkas Roni.

Dan memperingati Hari Perlindungan Ozon Sedunia atau World Ozone day 16 September, masyarakat perlu terus menerus diingatkan untuk ikut serta menjaga keberadaan Ozon dalam bentuk apapun. “Sekecil apapun upaya kita, keikutsertaan menjaga Ozon punya arti penting,” tegas Roni pada suarasurabaya.net, Selasa (16/9/2014). (tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
32o
Kurs