Kamis, 2 Mei 2024

Mbah Rono Luruskan Arti Lahar Lewat Facebook

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Seringnya gunung api meletus di Indonesia ternyata menjadikan beberapa kata khas Indonesia, saat ini diadopsi oleh para ahli kegunungapian dunia.

Surono (Mbah Rono), Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, melalui akun facebooknya menulis jika kata “lahar” merupakan kata asli Indonesia yang saat ini telah diadopsi secara internasional. “Ahli-ahli gunungapi dunia telah menggunakan lahar dalam makalah-makalah ilmiah,” tulis Surono.

Selain lahar, kata yang juga mendunia adalah “merapi” yang merujuk pada Gunung Merapi. Merapi saat ini bahkan tidak hanya sebagai nama gunung melainkan juga menjadi sebuah tipe letusan yang dugunakan oleh ahli kegunungapian untuk menyebut tipe letusan tertentu.

Sehingga jika ada gunung api dimanapun tempatnya, jika membentuk kubah lava yang kemudian terjadi guguran kubah lava dan diikuti awan panas guguran, maka ahli kedunungapian menyebutnya tipe letusan merapi.

Sementara itu, dalam akun facebooknya, Surono juga mengatakan jika lahar pada hakitanya terbagi menjadi dua yaitu lahar letusan dan lahar hujan, sehingga dalam kamus kedunungapian tidak dikenal dengan sebutan lahar dingin. Penjelasan Surono ini seakan meluruskan adanya sebutan lahar dingin yang belakangan sering muncul di berbagai media. (fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs