Selasa, 14 Mei 2024

Mendikbud Cek Keamanan Soal di Polsek Sehari Jelang UN SMP

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Muhammad Nuh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Minggu (4/5/2014) melakukan pengecekan keamanan soal ujian yang telah didistribusikan ke Polsek sehari menjelang ujian nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

M. Nuh yang didampingi Harun Kepala Dinas Pendidikan Jatim, dan Ikhsan Kepala Dinas Pendidikan Surabaya, datang ke Polsek Tegalsari untuk memastikan soal ujian SMP tersimpan dengan baik sebelum didistribusikan ke Sekolah, Senin (5/5/2014).

Mendikbub mengatakan, menjelang ujian SMP dilaksanakan, pihaknya telah meninjau penyimpanan soal ujian di beberapa daerah, satu diantaranya di Surabaya. Hal ini dilakukan untuk kelancaran ujian nasional tingkat SMP.

“Kami datang untuk memastikan keamanan soal UN tingkat SMP. Karena kami menginginkan pelaksanaan UN bisa berjalan dengan lancar, tanpa kendala apapun,” kata M.Nuh kepada suarasurabaya.net, Minggu (4/5/2014).

Dia menambahkan, untuk persiapan pelaksanaan UN SMP sudah 100 persen dan tinggal menunggu pelaksanaanya, Senin besok M. Nuh juga menegaskan, jika dalam UN SMP, pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menjamin tidak adanya kebocoran soal maupun kunci jawaban.

“Saya pastikan tidak ada kebocoran dalam pelaksanaan UN. Namun apabila ada pihak-pihak yang berusaha mengganggu dari pelaksanaan ujian ini, kami minta kepada aparat kepolisian untuk mengusut tuntas. Karena itu merupakan hal pembodohan, yang dilakukan oleh oknum yang ingin cari untung,” kata dia.

Sementara itu, Harun Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur mengatakan, pihaknya telah melakukan pendistribusian soal UN tingkat SMP ke Sub Rayon, yang disimpan di Mapolsek. Dan dalam pendistribusian, mendapatkan pengawalan dari aparat kepolisian.

“Kami sudah mendistribusikan naskah UN tingkat SMP ke semua daerah. Dan dipastikan tidak ada kendala dalam pelaksanaan UN SMP nanti,” kata Harun.

Sekadar diketahui, Pendistribusian naskah Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Mts ke 25 Polsek jajaran Polrestabes Surabaya dan tiga Polsek jajaran Polres Tanjung Perak Surabaya telah tuntas, Sabtu (3/4/2014).

Sementara jumlah peserta UN untuk tingkat SMP sederajat sebanyak 38.422 siswa dari 287 SMP yang ada di Surabaya. Yang terdiri dari SMP sebanyak 35.409 siswa dan Mts 3.013 siswa. (wak/dwi)

Teks Foto:
– Dari kanan: AKP Suharsono Kanit Binmas Polsek Tegalsari, M.Nuh Mendikbud, Harun Kepala Disdik Jatim, Ikhsan Kepala Disdik Surabaya saat meninjau soal UN SMP yang disimpan di Polsek Tegalsari.
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
31o
Kurs