Senin, 29 April 2024
Djarum Trees for Life

Menjaga Keseimbangan Alam Wajib Dikenali Generasi Muda

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
FX Supanji Vice President Djarum Foundation. Foto: Totok suarasurabaya.net

Generasi muda negeri ini, seharusnya tidak hanya sekadar melestarikan alam, dan lingkungan semata, tetapi wajib menjaga keseimbangan alam sejak dini agar dapat merasakan bagaimana alam memberikan sumber daya dan manfaatnya yang terbaik kepada manusia.

FX Supanji Vice President Djarum Foundation mengatakan itu, saat hadir pada kegiatan Edukasi Lingkungan, Kamis (13/11/2014) dalam rangkaian acara: Djarum Trees for Life di hadapan ratusan mahasiswa Surabaya di Taman Flora Kebun Bibit Ngagel, Surabaya.

“Melestarikan, menjaga alam memang penting dilakukan anak-anak muda. Tetapi menjaga keseimbangan alam juga tidak kalah pentingnya dilakukan anak muda sejak dini. Ini sangat penting dilakukan, oleh karena sejatinya kehidupan dengan alam itu juga ditandai dengan keseimbangan,” terang Supanji.

Manusia, lanjut Supanji seringkali salah kapra, ketika menanggapi terjadinya bencana alam yang memakan korban. Manusia menganggap alam sedang murka. Padahal bencana itu terlebih sebagai dampak atas ulah manusia yang tidak dapat menjaga keseimbangan alam itu sendiri.

“Kalau ada banjir bandang, kemudian mengakibatkan jatuhnya korban manusia lantas menganggap alam sedang murka. Padahal manusianya sendiri yang tidak dapat menjaga keseimbangan alam. Lihat saja, sungai dipenuhi sampah. Pohon-pohon ditebang sembarangan, dan saat hujan deras terjadi banjir,” papar Supanji.

Jika sejak dini, anak-anak sudah diperkenalkan dengan konsep menjaga keseimbagan alam, maka dimasa depan nanti, anak-anak muda itu memiliki kesadaran untuk tidak dengan mudah dan gampang merusak alam. “Konsep menjaga keseimbangan alam itu penting,” pungkas FX Supanji.

Sementara itu, Vania Santoso anak muda yang punya kepedulian pada lingkungan, serta pemenang berbagai penghargaan tentang lingkungan, menceritakan bahwa anak muda punya kewajiban untuk ikut serta menjaga kelestarian alam, sekaligus ikut menjaga keseimbangan alam.

“Apapun yang dapat kita lakukan untuk menjaga kelestarian alam, sekaligus menjaga keseimbangan lingkungan, itu perlu dilakukan sejak dini. Mengapa? Karena dengan pengalaman positif tersebut akan bermanfaat di masa mendatang,” ujar Vania Santoso, Kamis (13/11/2014).(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs