Rabu, 8 Mei 2024

Menko Maritim Serahkan Gelar Pahlawan HR Muhammad

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Gus Ipul menerima foto dari cucu HR Muhammad. Foto : Taufik suarasurabaya.net

Indroyono Soesilo, Menteri Koordinator Kemaritiman menyerahkan piagam gelar kepahlawanan nasional HR Muhammad Mangundiprojo pada Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Wakil Gubernur Jawa Timur, Jumat (14/11/2014). Penyerahan dilakukan setelah HR Muhammad saat ini resmi diangkat sebagai pahlawan nasional.

Indroyono Soesilo sendiri merupakan cucu dari Mayjen HR Muhammad. “HR Muhammad bukan hanya milik ahli waris, tapi juga milik masyarakat Jawa Timur dan Indonesia,” kata Indroyono ketika menyerahkan plakat kepada Gus Ipul.

Selain piagam, dalam kesempatan ini Indroyono juga menyerahkan sebuah foto besar gambar HR Muhammad kepada Gus Ipul.

Kedatangan Indroyono sendiri cukup istimewa karena Indroyono dulunya pernah menjadi anak buahnya Gus Ipul. Saat itu, Indroyono menjabat salah satu deputi ketika Gus Ipul menjabat sebagai Menteri PDT di Kabinet Indonesia Bersatu jilid I.

Dalam kesempatan ini, mereka berdua juga saling bercerita terkait pertempuran Surabaya, serta bercerita mengenai beberapa kawasan lambang sejarah Surabaya seperti Jembatan Merah, hingga Kalimas.

Di kantor Gubernur, Indroyono yang juga putra dari Soesilo Sudarman, mantan Menkopolkam era Orde Baru ini juga sempat berkeliling untuk melihat beberapa foto yang ada di kantor gubernur. “Ada ungkapan HR Muhammad yang terkenal ketika mengobarkan peperangan yaitu taliduk tali layangan, nyowo situk ilang-ilangan,” ujarnya.

Sementara itu, Gus Ipul mengatakan HR Muhammad adalah salah satu pejuang perang kebanggaan Surabaya. “Dulu Bung Tomo memberi semangat lewat radio dan HR Muhammad yang menjadi garda terdepan di Jembatan Merah ketika menghadang sekutu,” kata dia.

Dalam kesempatan ini, Gus Ipul juga minta kepahlawanan HR Muhammad bisa diteladani sehingga mampu lebih memajukan masyarakat. “Saya juga mendorong lebih banyak lagi kajian-kajian mengenai HR Muhammad ini,” kata dia. (fik/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
26o
Kurs